Petugas saat evakuasi korban kebakaran belakang Ramayana/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Sebanyak tiga orang meninggal dunia akibat kebakaran yang melanda dua unit bangunan toko (Toko Rezeki dan Ice Bakery) yang terletak di Jalan Melati, tepatnya di Belakang Ramayana Abepura, Kelurahan Wai Mhorock, Kota Jayapura, Papua, Rabu (13/10/2021) sekira pukul 02.30 WIT.

Kebakaran hebat ini diduga akibat hubungan arus pendek (korsleting) di lantai II bagian depan luar Toko Ice Bakery.

Tiga korban meninggal pada kebakaran yang terjadi dini hari tadi adalah seoramg ibu dan dua orang anaknya, yakni Nur Alvian (28), Najwa (9) dan Alya (1).

Dari info yang diterima Topik Papua, berawal sekira pukul 02.30 WIT, api mulai menyala dari lantai II bagian depan Toko Ice Bakery, dan merambat ke ruangan di lantai II dan lantai III.

Sontak, para saksi yang menempati lantai III bangunan toko terbangun karena melihat api sudah membesar disertai kepulan asap hitam yang memenuhi bagian dalam toko, dan kemudian berupaya turun ke lantai I menggunakan tangga tengah toko.

Saat itu, salah satu saksi bernama Asep dan tiga orang yang menjadi korban sempat berupaya keluar dari kamar, namun karena api sudah membesar dan membakar sebagian besar ruangan di lantai III, sehingga saksi Asep dan para korban kembali masuk kedalam kamar.

Akibat terjebak dengan kobaran api, Asep berusaha menyelamatkan diri dengan cara keluar dari jendela depan lantai III dan meloncat turun ke lantai I melalui atap kanopi. Sedangkan tiga korban terjebak di dalam kamar tersebut dan menyebabkan ketiga korban tersebut meninggal dunia.

Sekira pukul 02.45 WIT, Anggota Polsek Abepura yang dipimpin Kepala SPK Aipda Abdul Rumaaf tiba di TKP.

Pukul 03.00 WIT, 5 unit Damkar ditambah 2 water supply tiba TKP dipimpin Kabid Damkar Kota Jayapura Margaretha Veronita Kirana, berupaya memadamkan api.

Pukul 03.05 WIT, 1 unit mobil AWC Brimob tiba di TKP dan membantu e memadamkan api.

Pukul 04.20 WIT, 1 unit mobil AWC Polresta Jayapura Kota yang dipimpin Aiptu Guritno tiba di TKP dan berupaya memadamkan api.

Pukul 02.50 WIT, mobil ambulance dari Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura tiba di TKP. Pukul 06.45 WIT, api berhasil dipadamkan. Pukul 07.20 WIT, ketiga jenazah korban dibawa menuju RS Bhayangkara.

Saat ini kasus kebakaran ditangani Unit Reskrim Polsek Abepura.

Sementara itu Kabid Damkar Kota Jayapura , Margareta Veronika Kirana mengatakan, kobaran api baru bisa dipadamkan sekira pukul 07.30 WIT.

“Saat kebakaran terjadi kami sudah lakukan upaya pembasahan namun api kembali berkobar dari salah satu ruang karena ini kan gudang yang didalamnya ada barang-barang mudah terbakar dan faktor suplay udara juga. Tapi akhirnya api bisa dipadamkan” ungkap Margaretha. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here