Mantan atlet nasional Taufik Hidayat saat menyerahkan api PON XX kepada Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Upacara penerimaan dan pelepasan Kirab Api PON XX Papua 2021 berlangsung meriah di lapangan Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (1/10/2021).

Hadir dalam upacara tersebut Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, Wakil Walikota Jayapura Rustan Saru, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R. Urbinas serta Ketua Harian PB PON XX Papua Yunus Wonda dan Forkopimda.

Kirab Api PON XX Papua digawangi tiga atlet terbaik Indonesia yaitu Taufik Hidayat (mantan atlet bulutangkis nasional), (Boaz Solossa atlet sepak bola) dan Lilis Karubaba (atlet pencak silat) tiba di Lapangan Kantor Walikota Jayapura.

Wali Kota Jayapura menyampaikan, kirab api abadi ini menjadi sejarah penting bagi Papua Khususnya di Kota Jayapura sebagai salah satu kluster penyelenggara terbesar PON XX di Papua. Di kluster Kota Jayapura ada 16 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan 22 disiplin olahraga di 16 venue.

” Sekarang telah berkumpul atlet-atlet terbaik dari seluruh provinsi dan setiap atlet siap berkompetensi dan menjadi juara,” ujar wali kota.

Dikatakan bahwa PON XX Papua sebagai ajang olahraga terbesar di Indonesia merupakan momentum untuk menggalakan kompetensi olahraga. Semua pihak harus berperan sehingga banyak bibit bibit olahragawan nasional yang akan dijaring dan lahir budaya kompetensi yang sehat di masyarakat dan tumbuh semangat juang dan mental-mental juara disegala bidang.

“Saya meyakini kompetensi olahraga kita akan menjadi bangsa yang tangguh diantara bangsa-bangsa lain di dunia. Saya mengucapkan terima kasih kepada atlet yang membawa api PON ini tetap semangat, kobarkan api PON untuk Kota Jayapura, untuk Papua dan Indonesia,”ucap wali kota.

Sementara itu Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda dalam sambutannya menyampaikanterima kasih kepada warga Kota Jayapura, dan selamat datang bagi para tim kirab di Kota Jayapura.

Yunus menjelaskan, perjalanan yang ditempuh kirab pembawa api abadi ini cukup panjang mulai dari Sorong, tiba di Biak, Timika, Wamena, Merauke dan sampai di Kota Jayapura melintasi lima wilayah adat.

“Perjalanan yang cukup panjang, namun dengan misi yang besar sehingga semua perjalanan berjalan dengan baik sampe tiba disini,” tandasnya.

Pasukan kirab Api PON XX selanjutnya melewati berbagai titik di Kota Jayapura dan akan berakhir di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua puncak pembukaan
Sabtu 2 Oktober 2021. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here