Komisioner Bawaslu Papua, Niko Tunjanan saat mendapatkan salah seorang warga yang memakai undangan orang lain untuk mencoblos / ist

Keerom, Topikpapua.com, – Hari ini pesta demokrasi pilkada serentak di gelar di 11 kabupaten di Papua, termasuk di kabupaten Keerom. Ada peristiwa menarik dari pilkada keerom, saat tim Bawaslu Papua melakukan supervisi di beberapa TPS di kampung Arso II di dapati 11 orang yang hendak memilih dengan Form C Pemberitahuan milik orang lain.

Peristiwa kejar-kejaran terjadi di TPS 09 di Yuwananin distrik Arso, saat Komisioner Bawaslu Papua, Niko Tunjanan menahan salah satu warga yang di ketahui membawa formulir C pemberitahuan orang lain.

Saat di tanyakan, warga tersebut tak bisa menjelaskan siapa yang memberikan undangan tersebut, karena merasa terdesak, warga tersebut lalu memilih kabur, akibatnya aksi kejar-kejaran pun terjadi.

Aksi kejar-kejaran ini sempat menimbulkan ketegangan antara beberapa warga yang membantu mengejar dengan warga sekitar.

“ Sampai siang ini kami Bawaslu Provinsi saat lakukan supervisi ke kabupaten Keerom,  di kampung arso dua, kami temukan di dua TPS yaitu penyalahgunaan form C pemberitahuan, kami temukan ada 11 orang yang mencoba memilih menggunakan identitas orang lain,” Ungkap Komisioner Bawaslu Papua, Niko Tunjanan kepada redaksi topik, Rabu siang.

Menurut Niko, pihaknya bisa menemukan 10 orang yang menyalahgunakan form C pemberitahuan setelah melihat gerak-gerik warga yang mencurigakan.

“ Kebanyakan kita dapati saat mereka hendak masuk ke dalam TPS, gerak geriknya mencurigakan dan saat kami tanyakan nama orang tersebut, kami dapati namanya berbeda dengan nama yang tertera pada formulir C pemberitahuan yang mereka pegang, “Jelasnya.

Bahkan menurut Niko ada juga warga yang tidak tau nama yang tertera di form C pemberitahuan yang hendak dipakai untuk mencoblos.

“ Ini merupakan temuan kami dan akan kami buat dalam bentuk laporan yang akan kami limpahkan ke bawaslu kabupaten untuk segera di lakukan proses lebih lanjut, “ Pungkas Niko. (Redaksi Topik)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here