Tambah 7 Kasus Baru, Total Positif C-19 di Papua 75 Orang

0
Ilustrasi covid-19 / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Papua terus meningkat, data dari Satgas Covid-19 Papua hari ini, 15 April 2020 pukul 19.10 wit di laporkan  naik tujuh kasus, menjadi 75 Kasus.

“Ada tambahan tujuh kasus positif hari ini, secara kumulatif total pasien positif Covid-19 di Papua hingga malam ini sebanyak 75 kasus, dimana 53 pasien dalam perawatan, 15 pasien sembuh dan 7 pasien Meninggal dunia,”Kata Jubir Satgas Covid-19, dr.Silwanus Sumule kepada Pers, Rabu (15/04/20) malam.

Tambahan tujuh kasus baru diantaranya berasal dari, 2 kasus di Kabupaten Keerom, 2 kasus di Kota Jayapura dan 3 kasus dari Kabupaten Jayapura.

Selain jumlah pasien positif yang naik, dilaporkan juga jumlah PDP meningkat sebanyak 10 kasus, dimana sebelumnya sebanyak 88 orang, hari ini di laporkan sebanyak 98 orang.

“ Selain PDP kita yang naik, jumah ODP kita juga naik hari, kemarin tercatat 3229 orang, hari ini menjadi  3423, atau naik sebanyak 189 kasus,”Kata Sumule.

Menurut Sumule kenaikan jumlah PDP dan ODP ini karena adanya penemuan kasus baru di kabupaten Mambramo Tengah, dan Jayawijaya sehingga tim gugus covid disana langsung trace warga yang pernah kontak dengan pasien Positif.

“ Walau data kita semua naik untuk hari ini, namun ada juga kabar baik.., dari 53 pasien positif yang dalam perawatan, saat ini kondisi mereka semua mulai stabil, berkisar antara sakit ringan dan sedang, sudah tidak ada lagi yang memakai alat bantu nafas, “Beber Sumule.

Berikut data 8 Kabupaten/Kota yang masuk Zona Merah di Papua :

  1. Kota jayapura : 25 Kasus positif (tambah 2 kasus baru), 17 pasien dalam perawatan, 5 pasien dinyatakan sembuh dan 3 Pasien Meninggal dunia.
  2. Kabupaten Mimika : 19 kasus positif, 13 pasien dalam perawatan, 3 pasien sembuh dan 3 pasien  Meninggal dunia.
  3. Kabupaten Jayapura : 14 Kasus Positif (tambah 3 kasus baru), 8 pasien dalam perawatan, 4 pasien sembuh dan 2 pasien Meninggal dunia.
  4. Kabupaten Merauke : 7 Kasus Positif, 4 pasien dalam perawatan dan 3 pasien Sembuh.
  5. Kabupaten Keerom : 4 Kasus Positif (tambah 2 kasus baru), 4 pasien dalam perawatan.
  6. Kabupaten Sarmi : 3 Kasus Positif dan ketiganya dalam perawatan
  7. Kabupaten Jayawijaya : 2 Kasus Positif dan keduanya dalam perawatan
  8. Kabupaten Membramo Tengah : 1 kasus positif dalam perawatan.

Dengan meningkatnya jumlah pasien positif maupun ODP dan PDP di Papua, Sumule berharap agar Warga Papua lebih waspada lagi dan tetap taat kepada aturan yang sudah di sampaikan oleh pemerintah.

“Kami Meminta masyarakat untuk memberikan perhatian kita kepada para lansia, khususnya diatas 60 tahun dan kepada mereka yang memiliki penyakit penyerta, Pastikan mereka ini dapat makanan bergizi, tambahan vitamin dan berjemur di pagi hari serta tetap di rumah, “Jelas Sumule.

“Sekali lagi kami mau tekankan disini, kami tim medis ini adalah pertahanan terakhir dari pandemi Covid-19, masyarakatlah yang menjadi Garda terdepan.., bila pertahanan depan kita ambruk, kami yang di pertahanan belakan ini bisa apa..”Pungkas Sumule. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here