Demo damai pencaker tak lolos CPNS Formasi 2018 di Kabupaten Nduga/Ist

Nduga, Topikpapua.com – Ratusan pencaker yang tidak lolos CPNS Formasi 2018 di Kabupaten Nduga, Rabu (05/08/20) demo di Kantor BKPSDM.

Mereka protes terhadap hasil CPNS dan meminta pemerintah Kabupaten Nduga, untuk membatalkan hasil pengumuman tes tersebut.

Bupati Nduga, Yairus Gwijangge,S.Sos,M.Si yang menerima langsung para pendemo, mengatakan akan menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan.

“kami terima aspirasi para pencaker ini dan akan kami perjuangkan hal ini dan berkordinasi dengan BKD,” kata Bupati

Bupati juga akan berusaha mendorong Kepala BKD Kabupaten Nduga, untuk berjuang dan menggolongkan sejumlah nama untuk di akomodir pada penerimaan tes CPNS tahun berikutnya.

“Anak-anak yang tes kemarin dan tidak lulus akan diluluskan pada formasi tahun berikutnya, dengan syarat datang mendaftar,” kata Bupati.

Terkait dengan permintaan pembatalan hasil tes CPNS, Sekda Nduga Namia Gwijangge, mengatakan jika hal tersebut dilakukan, maka, Nduga terancam tak dapat formasi pada periode penerimaan CNPS tahun berikutnya.

“Penerimaan tahan 2013 sudah kita batalkan, nah jika tahun ini, kita batalkan lagi, maka tahun depan kamu tidak akan lagi dapatkan formasi,” kata Sekda.

Sekda membenarkan adanya kekhususan bagi Papua dengan hadirnya Otsus. Namun demikian, Sekda menjelaskan, bahwasanya ada keterbatasan-keterbatasan dari pusat.

Sehingga, kata Sekda, Pemkab akan memerintahkan Dukcapil, untuk tidak boleh lagi menerima pengurusan KTP bagi masyarakat pendatang.

“Saya akan perintahkan Dukcapil, jangan akomodir pembuatan KTP pendatang, mereka datang bikin KTP hanya untuk daftar setelah itu tingglkan Nduga,” jelas Sekda.

Pada kesempatan itu juga di jelaskan tentang status Guru Kontrak, agar dapat menunggu untuk di akomodir pada Formasi tahun 2019.

“Guru Kontrak dan tenaga medis masih banyak yang belum memenuhi kuota sehingga banyak yang tidak lolos, jadi kita harus sabar dan tahun ini kita berusaha untuk bisa di akomodir,” kata Sekda.

Ketua DPRD Nduga Ikabus Gwijangge, SE meminta Pemerintah Daerah untuk melibatkan DPRD, dalam hal menentukan orang-orang Nduga yang masuk dalam CPNS.

“Kami minta pemerintah libatkan DPR untuk menentukan orang-orang Nduga, kami akan perjuangkan juga jawaban dari pemerintah Nduga, kami minta BKD Kabupaten dan BKD Provinsi agar mendorong Penerimaaan CPNS formasi 2020-2021 untuk kewenangan daerah yang menentukan,” katanya.

Untuk diketahui demo tersebut berlangsung tertib. Turut hadir pada kegiatan itu, Kapolres Nduga AKBP M.Darodjat Daimboa,S.Pd, Kapolsek Kenyam AKP Adi Edwin Hariawang, 4 Anggota DPR Kabupaten Nduga. (Redaksi Topik)

1 KOMENTAR

  1. Formasi untuk anak daerah sangat terbatas jd tidak mungkin bisa lulus semua. Semoga penerimaan berikut bisa lulus . Selamat berjuang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here