Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri menegaskan bila pihaknya membubarkan aksi demonstrasi mahasiswa di kota Jayapura pada Rabu siang karena tidak memiliki izin.

Menurut Kapolda, Pihaknya tidak pernah melarang siapapun untuk melakukan aksi demonstrasi, namun ada aturan yang harus di patuhi.

“Penyampaian pendapat di muka umun ini kita bolehkan, namun ada aturan yang saat ini harus ditaati yakni berkaitan dengan peraturan protokol kesehatan Covid-19, “ Ungkap Kapolda kepada Pers, Rabu (07/04/21).

Baca Juga : Mahasiswa Uncen Gelar Aksi Demo Tolak Otsus, Ini Kata Kapolda Papua

Kapolda menjelaskan bila pihaknya tak memberkan izin keramaian kepada Mahasiswa yang akan menggelar aksi demo karena kuatir dapat menimbulkan kerumunan yang bisa menimbulkan claster baru penyebaran Covid-19.

“Dengan pertimbangan tersebut kami dari pihak Kepolisian tidak memberi ijin, “Katanya.

Walau demikian Kapolda mengaku bila aksi demostrasi di gelar di Asrama atau di Lingkungan Kampus, maka pihaknya memperbolehkan, asalkan tidak keluar dari lingkungan tersebut.

“Bila para mahasiswa tetap memaksakan diri, maka akan kita tegur secara baik-baik, namun bila tetap tidak mau di tegur akan kita bubarkan secara paksa, “Tegas Irjen Fakhiri.

Selain it, Kapolda Fakhiri juga menyoroti soal isu yang menjadi bahan aksi demo.

“ Saya harap tetap mengacu pada isu tersebut dan tidak di tumpangi oleh isu-isu lain karena kita tidak mau isu yang pada awalnya isu Freeport tetapi di ujungnya tolak Otsus. Oleh karena itu saya harap hal seperti ini tidak di tumbangi oleh hal-hal negatif lain, “Jelas Kapolda.

Baca Juga : Kapolda Minta Pemprov Tertibkan AMP dari Asrama Mahasiswa Papua

Kapolda juga mengingatkan kepada para mahasiswa di Papua agar lebih fokus belajar dan menimba ilmu ketimbang sibuk melakukan aksi demostrasi.

“ lebih baik meningkatkan kecerdasan untuk dapat menjadi pemimpin kedepannya dan tidak melakukan hal-hal yang lain yang bisa berdampak negatif, “Pungkas Kapolda.

Aksi demonstrasi puluhan mahasiswa yang di komandoi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) kampus Uncen pada rabu siang, di gelar di tiga titik, yakni di Terminal Expo Waena, Perumnas III Waena dan di depan kampus Uncen Bawah di daerah Abepura.

Karena tak mengantongi izin aksi tersebut lalu dibubarkan aparat kepolisian resor kota (Polresta) jayapura Kota. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here