Dr.Aaron Rumainum saat menyuntikkan vaksin Sinovak di lengan kirinya / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aaron Rumainum, menjadi orang pertama di Papua yang menerima vaksin covid-19 dari Sinovac.

Uniknya, penyuntikan Vaksin covid-19 dilakukan sendiri oleh dr.Aaron di depan puluhan wartawan dan Nakes di gedung dinas kesehatan provinsi Papua, Rabu 13 Januari 2021.

Baca JugaBerikut Nama-Nama Calon Penerima Vaksin Covid-19 Perdana di Papua

“Saya ini kan termasuk Vaksinator di Papua, jadi saya putuskan suntik diri sendiri. Itu yang bisa saya lakukan untuk tenaga kesehatan supaya mereka tidak takut,” ujarnya di Jayapura, usai melakukan vaksin Rabu (13/1/21).

Aaron sejatinya menjadi salah satu relawan dari 14 orang yang akan menerima vaksin pertama di Papua pada 15 Januari 2021.

Baca JugaHMPJ Tolak Pelaksanaan Vaksin Covid-19 di Jayawijaya

Ke-14 orang tersebut merupakan pejabat publik, diantaranya Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Kabag Ops Polda Papua, Kepala DPPAD Papua, Wakil Wali Kota Jayapura, dan lainnya.

Namun karena kontroversi mengenai vaksin sinovac terus muncul di media, Aaron ingin membuktikan bila vaksin tersebut aman.

“Saya pikir lebih baik saya disuntik dulu biar kalau terjadi apa-apa pak Pangdam, Wakil Walikota aman, semua aman,” kata dia.

Baca JugaIni Jadwal Vaksin Covid-19 di Papua

Aaron mengakui bila ia belum tahu pasti apakah nanti ia akan merasakan efek samping dari vaksin tersebut.

Hanya saja ia merasa sebagai seorang tenaga kesehatan perlu memberi contoh dan memastikan apakah vaksin sinovac berbahaya atau tidak.

“Saya bukan jagoan, saya masih berhubungan dan dekat dengan pasien covid-19, saya tidak tahu covid-19 ini kapan berakhir jadi mumpung ada vaksin gratis ya sudah saya suntik diri sendiri,” katanya.

Baca JugaVaksin Corona Tiba di Papua, Banyak Nakes yang Belum Mendaftar

Hingga kini , Provinsi Papua telah mendapat 14.680 dosis vaksin covid-19 buatan Sinovac. Untuk penyuntikan gelombang pertama, direncanakan kepada 7.000 tenaga kesehatan yang berasal dari kota dan kabupaten Jayapura dan kabupaten Timika.

“ Nanti tanggal 15 Januariakan ada louncing penyuntikan vaksin covid-19 di Papua, diacara tersebut 13 pejabat publik akan di suntik perdana, selanjutnya para nakes di 3 daerah di Papua akan di vaksin, “Jelas dr.Arron. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here