- Ketua Gugus Tugas Covid-19 kota Jayapura/Tj

Jayapura, Topikpapua.com –  Ketua Gugus Tugas Covid-19 kota Jayapura, Rustan Saru pesimis, jika saat ini Kota Jayapura dapat menerapkan New Normal.

“Hingga saat ini, kita Kota Jayapura belum bisa new normal, status kita saat ini, hingga 02 Agustus  mendatang adalah transisi darurat,” kata Rustan Saru disela Rapat Forkompinda Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Provinsi Papua, di Hotel Swisbel, Jumat (03/06/20).

Rustan menjelaskan penyebaran Corona Virus di Kota Jayapura masih sangat tinggi. Hal itu terlihat dari RO Kota Jayapura yang mencapai angka 1,8 per minggu dan 1,9 perbulan.  Artinya, lanjut Rustan, satu orang positif Covid-19 dapat menyebarkan ke 8 hingga 9 orang.

“Ini masih tinggi, sementara Normal dalam hal ini bila ROnya di bawah 1,” jelas Rustan.

Meski demikian, Wakil Walikota Jayapura ini berharap di bulan ini, (Juli, red), pihaknya dapat menekan tingkat penularan dan meningkatkan angka kesembuhan, sehinga RO bisa menurun.

Dalam artian, tingkat kesembuhan akan lebih tinggi dibanding tingkat penularan.

Terkait dengan hasil Rapat Forkompinda, Rustan mengatakan per 4 Juli hingga 2 Agustus mendatang status Kota Jayapura menjadi Transisi Darurat.

Meski demikian, untuk aktifitas masyarakat dan operasional perekonomian di Kota Jayapura, kata Rustan, Pemerintah mengambil kebijakan, dengan memperpanjang waktu hingga pukul 18.00 atau jam 6 sore. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here