Wagus Hidayat, saat foto bersama beberapa tokoh usai menerima penghargaan dari Sorot News di Jakarta/foto 

Sentani, Topikpapua.com, – Wagus Hidayat selaku Owner PT. Semuwa Group, meraih penghargaan sebagai pengusaha maskapai penerbangan yang sukses di Papua.

Penghargaan tersebut diberikan Media Surat Kabar Umum Nasional dan Harian sorotnews.co.id, dalam sebuah malam penganugerahan Sorot News Award 2022 untuk kategori Tokoh Motivator Entrepreneur Inspiratif saat Seminar Nasional Bina Pembangunan Desa, bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Jakarta Selatan, Kamis, 27 Januari 2022.

Pemimpin Redaksi sorotnews.co.id Ranex, yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Sorot News Award 2022 mengatakan, ada 28 kategori yang diberikan anugerah tokoh nasional dan daerah dalam Sorot News Award 2022, dengan tema ‘Anugerah Tokoh Motivator dan Inspirasi Negeri 2022.

Menurut Ranex, penerima penganugerahan Sorot News Award 2022 ini berdasarkan penelusuran dan observasi terhadap sejumlah tokoh.

“Jadi, ada 28 tokoh yang menerima penghargaan dengan 28 kategori. Penganugerahan yang kami gelar ini dengan melakukan observasi dan penelusuran sejumlah tokoh yang berpengaruh dan berprestasi dari bermacam-macam aspek, dengan sejumlah juri penilai dari berbagai macam independen seperti dari pengamat, pakar, ormas, mahasiswa serta jurnalis Sorot News yang tersebar keanggotaannya dari Aceh sampai Papua,” katanya.

Sementara itu, Wagus Hidayat mengaku, bahwa  sebelumnya ia tak menyangka jika dirinya mendapatkan penghargaan level nasional tersebut.

“Sejujurnya saya kaget dan tidak menyangka mendapat pengharagaan ini. Penghargaan ini adalah penilaian dari salah satu media di Jakarta, dan saya mendapat penghargaan sebagai salah satu kategori Tokoh Motivator Entrepreuner Inspiratif dari Papua,” bebernya saat ditemui Sabtu, 29 Januari 2022.

Pria yang akrab disapa Dayat ini mengaku, dalam penganugerahan tersebut, tentu banyak tokoh nasional baik sekelas menteri, pimpinan instansi, pejabat daerah bahkan tokoh berpengaruh yang juga mendapatkan penghargaan dengan kategori berbeda.

“Selain saya, ada beberapa pemimpin daerah dan ketokohan seperti Wakil Gubernur Papua Barat , Bupati Sorong, Wakil Bupati Raja Ampat, dan tokoh-tokoh lain,” sebutnya.

Kendati tak berharap diganjar penghargaan tersebut, namun pilot yang juga pemilik maskapai Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air itu mengaku, penghargaan yang diperolehnya didedikasikan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura.

Ia pun berharap nantinya akan muncul generasi muda yang mampu menjadi penggerak ekonomi Kabupaten Jayapura.

“Saya mendedikasikan penghargaan ini untuk seluruh masyarakat kabupaten Jayapura. Saya berharap akan banyak muncul generasi baru enterpreuner- enterpreuner yang bisa membangkitkan gairah ekonomi kerakyatan yang ada di Kabupaten Jayapura,” ucapnya.

Menurut Dayat, ia juga tak tahu menahu soal sistem penilaian yang dilakukan oleh pihak penyelenggara.  Namun, ia tak pungkiri kemungkinan observasi penilaian berdasarkan track record dirinya yang mengawali karir dari level terbawah.

“Mereka mungkin menilai dari rekam jejak saya, yang awal dari bawah yang bukan siapa-siapa hingga saat ini saya bisa menjadi pemiliki salah satu owner maskapai penerbangan. Tentunya ada jenjang dan proses hingga seperti ini,” terangnya.

“Sebetulnya saya tidak berharap penghargaan, namun saya berharap dengan ini bisa menjadi motivasi bagi pengusaha- pengusaha lainnya. Karena tidak ada yang tidak mungkin jika kita bekerja keras,”timpal Dayat. (Redaksi Topik)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here