Sepakat Berdamai, Kapolda Papua Apresiasi LMA Jayawijaya

0
Para kepala suku dan para ketua paguyuban di wamena berpelukan usai acara di halaman kantor LMA Jayawijaya Wamena / ist

Wamena, Topikpapua.com, – Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengapresiasi lahkah yang di tempuh oleh Lembaga masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Jayawijaya yang meminta kepada pihaknya untuk bertemu dengan Paguyuban dan Kerukunan masyarakat pendatang di Wamena.

” Ini adalah langkah yang baik sekali ya.., dimana LMA Jayawijaya yang di hadiri oleh sekitar 40 kepala suku, baik yang dari Jayawijaya maupun dari kabupaten tetangga bisa datang hari ini dan bertemu bersama dengan paguyuban nusantara di sini, ” Ungkap Kapolda kepada pers, Jumat (18/10/19).

Kapolda mengaku bila pertemuan yang di gagas oleh LMA Jayawijaya ini bertujuan untuk mencari solusi bersama pasca peristiwa rusuh wamena pada 23 september lalu.

” Dengan acara ini semua bisa sampaikan aspirasinya, ada masalah apa, mengapa dan bagaimana, semua di bahas, tujuan utama nya kita semua kumpul untuk cari solusi agar perdamaian di Wamena bisa tercipta kembali, ” Jelas Kapolda.

Dalam acara yang di gelar di halaman kantor LMA Jayawijaya tersebut, Sekertaris LMA Jayawijaya, Herman Doga menyampaikan permohonan maaf mewakili masyarakat adat di Jayawijaya kepada seluruh korban peristiwa rusuh wamena pada 23 september lalu.

‘’Kami mewakili masyarakat adat Lembah Balliem memohon maaf yang sebesar – besarnya atas semua kejadian yang terjadi akhir – akhir ini, terutama kepada Ketua Paguyuban Nusantara yang masyarakatnya menjadi korban dalam aksi rusuh 23 september 2019 lalu,’’ Kata Herman Doga.

Permohonan maaf masyarakat adat Jayawijaya di terima oleh para ketua paguyuban dan kerukunan di Wamena. mereka berharap agar kejadian 23 september lalu tidak akan terulang kembali dan meminta warga yang mengungsi untuk kembali ke Wamena, proses hukum para perusuh harus tetap berjalan dan memberikan dukungan kepada pemerintah daerah dalam pemulihan Wamena secara bertahap.

” Kami atas nama paguyuban nusantara yang ada di wamena menerima permohonan maaf dari saudara-saudara kami di wamena, dan kami siap untuk membantu untuk membangun kembali harmonisasi dan kedamaian di wamena, ” Ujar sekertaris kerukunan paguyuan nusantara wamena, Iswardi Barani.

Acara yag juga di hadiri oleh Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen Herman Asaribab dan Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua serta kapolres serta Dandim Jayawijaya ini di akhiri dengan berjabat tangan bersama para kepala suku dengan masyarakat paguyuban nusantara dan ditutup dengan pesta makan bakar batu. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here