Illustrasi Udate Covid-19 / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Satgas Covid-19 Papua kembali mengumumkan perkembangan penyebaran Covid-19 di Papua, hingga pukul 18.10 wit, di laporkan ada penambahan 7 kasus baru, Total Komulatif Pasien Positif C-19 di Papua sebanyak 217 kasus.

“ Dari total 247 kasus tersebut 180 pasien diantaranya dalam perawatan, 60 pasien dinyatakan sembuh dan sebanyak 7 pasien Meninggal dunia, “Kata Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr.Silwanus Sumule kepada Pers, Selasa (05/05/20).

Dijelaskan Sumule tujuh kasus baru berasal dari Kabupaten Mimika sebanyak 4 orang, dari kota Jayapura sebanyak 2 orang dan dari Kabupaten Boven Digul sebanyak 1 orang.

Sementara untuk ODP dan PDP juga dilaporkan mengalami penambahan kasus, dimana untuk ODP ada penambahan 40 kasus sehingga totalnya menjadi 2355 orang, sementara PDP bertambah 23 kasus menjadi 360 orang.

“ODP kita hari ini bertambah 40 orang yakni berasal dari Kabupaten Mimika sebanyak 29 orang, kota jayapura 10 orang, yahukimo 4 orang , Mappi 1 orang dan Kabupaten Biak numfor 1 orang, sementara untuk PDP juga mengalami kenaikan sebanyak 23 orang, yakni dari kota Jayapura 20 orang, Mimika 9 orang, Paniai 3 orang dan Nabire 1 orang yang merpakan pasien rujukan dari Paniai,”Beber Sumule.

Adanya kenaikan jumlah PDP dan ODP ini Sumule berharap pemerintah kabupaten dan kota di Papua agar memberikan perhatian khusus terkait termasuk menyiapkan tempat untuk mengisolasi mereka yang sudah di nyatakan ODP atau PDP.

“Kalau bisa Pemkab/kota menyiapkan tempat karantina khusus bagi ODP dan PDP, atau menerapkan isolasi mandiri dengan syarat pemantauan yang ketat harus di lakukan, kami juga berharap agar segera di lakukan langkah klinis seperti test Rapid, “Tukas Sumule.

Sumule juga mengaku saat ini Satgas Covid-19 Papua memberikan perhatian khusus bagi kabupaten Paniai, dimana dari data yang di terima di temukan ada 4 PDP.

“Perhatian khusus untuk Kabupaten Paniai, ada 4 pasien PDP, kami harap agar 4 pasien ini di perhatikan dan ditangani secara baik, dan segera melakukan trace terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan mereka, “Papar Sumule.

Sumule juga berharap kepada gugus tugas covid-19 di kabupaten/kota lainnya agar terus berkomunikasi dengan satgas Provinsi terkait perkembangan kasus Covid-19 di daerah masing-masing.

“Komunikasi ini sangat penting agar kami di Provinsi memiliki data yang akurat, sehingga bisa dengan cepat memberikan bantuan ketika di temukan kasus baru. Penanganan secara dini kunci dari kesembuhan dan pencegahan terhadap kematian, “Pungkas Sumule.

Tetap di dalam rumah, bila terpaksa harus keluar rumah selalu gunakan masker, hindari kerumunan, jaga jarak dan hindari kontak dengan orang di luar rumah, jaga kebersihan lingkungan, selalu cuci tangan. #kojagasasajagakotongsemuaselamat. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here