Sekda : Jumlah PDP Covid-19 di Papua Bertambah Menjadi 5 Orang

0
Sekretaris Daerah Provinsi Papua, T.E.A Hery Dosinaen / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen mengaku hingga Rabu malam jumlah Pasien Dengan Pengawasan (PDP) Covid-19 di Papua bertambah menjadi lima orang.

Menurut Sekda Hery, satu PDP yang baru terdeteksi saat ini sedang di rawat di Rumah Sakit Dian Harapan, Abepura, “ Hingga Rabu malam ini sudah lima orang ya yang PDP, jadi ada dua yang di Kota Jayapura, Dua di Merauke dan satu nya lagi di Biak, “ Ungkap Sekda Hery kepada Pers, Rabu (18/03/20) malam.

Sekda Hery berharap warga Papua jangan panik atas berita ini, karena hingga rabu malam status ke lima PDP ini masih dalam pengawasan.

“ Jadi status mereka hingga saat ini masih dalam pengawasan, belum tau hasilnya karena sampel darahnya masih kita tunggu info dari jakarta, “ Kata Sekda.

Disinggung terkait angaran yang akan digunakan untuk penanganan covid-19 di Papua, Sekda Hery mengaku barulah akan membahasnya bersama DPR Papua pada kamis besok.

“ Jadi besok ini kami bersama DPRP akan membahas bersama mengenai pembiayaannya, tetapi yang jelas Satgas yang sudah kita bentuk dan sudah kerja beberapa hari ini mereka kerja dulu tanpa biaya, “ Jelas Hery.

Lanjutnya, Memang ada pembiayaannya dari dinas kesehatan, tapi itu belum bisa mengakomodir semua, “ yang terpenting saat ini kami kerja dulu untuk penanganan virus ini, “ Jelasnya.

Sementara itu terkait persiapan rumah sakit untuk menampung pasien Covid-19, sekda Heri mengaku telah menyiapkan 13 rumah sakit yang tersebar di 7 kabupaten dan 1 kota

“ Hingga saat ini kami telah menyiapkan 13 rumah sakit untuk penanganan covid-19 ini dan tersebar di beberapa Kabupaten, seperti di kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, Paniai, Nabire, Merauke, Biak dan kabupaten Jayawijaya, “ Pungkas Sekda Hery.

Sebelumnya pada Rabu siang, Wakil BGbernur Papua, Klemen Tinal telah mengumumkan status Siaga Darurat Covid-19 bagi papua.

Sementara itu pasca ditetapkannya status siaga darurat bagi Papua, Berbagai upaya pencegahan mulai di lakukan, diantaranya dengan upaya penyemprotan cairan disinfektan di beberapa fasilitas umum di kota Jayapura.

Pemerintah Papua juga sejak selasa kemaren telah meliburkan semua Pegawai Negeri Sipil dan anak sekolah di seluruh papua. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here