Sebanyak 1950 APD dan 2 Jenis Obat Covid-19 Tiba di Papua

0
Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Juru bicara Satgas penanggulangan Covid-19 Papua, dr.Silwanus Sumule mengatakan pihaknya saat ini telah menerima kiriman Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 1950 buah dari BNPB Jakarta.

Selain APD, Satgas Covid-19 Papua juga telah menerima puluhan ribu obat Chloroquine dan Avigen.

 “ Puji Tuhan ada 1950 APD sudah masuk, kita dapat kiriman dari  BNPB jakarta. kami juga sudah dapat tambahan obat Chloroquine dan Avigen dan sudah kami berikan kepada 7 pasien yang positif, “ Ungkap Sumule kepada Redaksi Topik, Kamis (26/03/20).

Sumule menjelaskan bila APD yang di terima pihaknya akan segera di distribusikan kepada Rumah Sakit Rujukan yang ada di Papua.

“ Ya.., APD ini nanti kita data kebutuhan tiap rumah sakit rujukan yang ada, dan segera akan kita distribusikan secepatnya, “ Kata Sumule.

Sementara itu Sumule menjelaskan untuk Obat Chloroquinedan Avigen selain akan di berikan kepada 7 Pasien yang positif, akan di berikan juga kepada 38 PDP.

“ Untuk yang statusnya positif tidak hanya dengan pengobatan minum 2 obat itu (Chloroquine dan avigen) tapi ada juga tambahan obat lainnya, “ terang Sumule.

Dijelaskan dokter Sumule, Virus Corona ini menyerang paru-paru orang yang terinfeksi, dan gejalanya hampir sama dengan flu biasa, namun perbedaannya pasien akan merasa sesak nafas karena pada paru-paru yang telah terinfeksi.

“ Untuk PDP Jadi begini ya…, yang bisa kita lakukan adalah memeriksa radang paru-paru yang di derita oleh pasien itu di sebabkan oleh virus corona atau bukan, kalau virus corona berarti harus di isolasi, tapi kalau penyebabnya yang lain itu yang negatif, “ Jelasnya.

Lanjut Sumule, dari 28 pasien yang dinyatakan negatif setelah melewati test swab ternyata gangguan kesehatan dengan ciri-ciri mirip covid-19 yang dialami pasien bukan karena terinveksi virus corona, “ Ada penyebab lainnya.., tapi bukan karena virus corona, “ Pungkasnya. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here