Satgas Damai Cartenz Tembak Mati Pimpinan KKB Ndeotadi Nabire

oleh
Pimpinan KKB Ndeotadi Nabire, Toni Tabuni/ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Toni Tabuni (24) dan Kais Tabuni (25) berhasil dilumpuhkan anggota Satgas Penegakan Hukum Operasi Damai Cartenz di Kelurahan Siriwini, Kabupaten Nabire, Papua, Selasa (29/03/2022).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal membenarkan informasi tersebut. Ia mengatakan, salah satu yang tertembak mati adalah Toni Tabuni yang diketahui merupakan pimpinan KKB Ndeotadi wilayah Nabire.

“Jadi, Toni Tabuni terpaksa kami lumpuhkan hingga tewas karena saat ditangkap ia melakukan perlawanan,” ujar Kamal, Rabu (30/3/2022).

Melihat jejak rekam kejahatan yang dilakukan Toni Tabuni, kata Kamal, cukup banyak, dimana ada sekitar sembilan laporan polisi terkait kasus yang melibatkan dirinya.

“Salah satu kasusnya (Toni Tabuni), dia terlibat penembakan mantan Kepala BIN Daerah Papua Alm. Letjend (P) TNI I Gusti Putu Dani Nugrahadi yang meninggal di Beoga, Kabupaten Puncak, pada 25 April 2021,” beber Kamal.

Masih menurut Kamal, Toni Tabuni juga kerap berpindah-pindah tempat dan terlibat dalam berbagai aksi kekerasan bersenjata di Kabupaten Intan Jaya dan Puncak.

“Jenazah tersangka Toni Tabuni telah berada di RSUD Nabire untuk dilakukan Visum,” beber Kamal.

Saat ini, salah satu anggota KKB yang berhasil dilumpuhkan yakni Kais Tabuni telah diamankan di Polres Nabire guna proses penyelidikan lebih lanjut. (Redaksi Topik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.