Satgas C-19 Papua : Kasus Positif di Papua Tembus Angka 26 Orang

0
Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr.Silwanus Sumule / ist  

Jayapura, Topikpapua.com, – Kasus Positif Covid-19 di Papua terus bertambah, berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Papua, hingga Minggu 05 April 2020, pukul 19.00 Wit, jumlah Komulatif kasus positif di Papua bertambah menjadi 26 Kasus.

“ Hingga hari Minggu, 5 april 2020, Jumlah pasien positif secara kumulatif di Papua sebanyak 26 orang, dari angka tersebut saat ini ada 19 orang dalam perawatan, 5 orang sembuh dan 2 orang Meninggal Dunia, “Ungkap Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule kepada Pers, Minggu malam.

Menurut Sumule hari ini ada tambahan delapan kasus positif baru yakni 5 kasus di kabupaten Mimika dan tiga kasus di Kota Jayapura.

“ Kota jayapura hingga kini sudah ada 12 kasus positif, dengan catatan 8 orang dalam perawatan, 3 kasus sembuh dan 1 Meninggal dunia, Sementara untuk Kabupaten Mimika, dengan tambahan 5 kasus baru maka secara komulatif ada 8 kasus positif di sana, dengan catatan 7 pasien dalam perawatan dan 1 Meninggal dunia, “ Jelas Sumule.

Selain kedua Daerah tersebut, Sumule mengatakan bila ada beberapa Kabupaten lain yang menjadi perhatian Satgas Covid Papua, yakni kabupaten Merauke dan Kabupaten Jayapura.

“ Selain Kota jayapura dan Mimika ada dua Kabupaten lain yang juga menjadi perhatian kita, yakni Kabupaten Merauke, dimana secara komulatif jumalah pasien positif nya 4 kasus, dengan catatan 2 masih di rawat dan 2 sudah sembuh, lalu Kabupaten Jayapura yang secara komulatif ada 2 kasus Positif yang hingga kini masih di rawat, “ Beber Sumule.

Sementara itu untuk data Kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hingga kini berjumlah 45 orang dengan catatan ada tambahan empat orang namun ada juga dua pasien yang sembuh dan sudah pulang.

“Kemaren kan jumlah PDP kita 44, sekarang 45, bukan ada penambahan satu kasus namun karena ada 4 pasien baru, namun ada juga 2 pasien yang pulang, sehingga angkanya jadi 45 kasus, “ Kata Sumule.

Dari tambahan empat PDP baru tersebut, dua berada di Kabupaten Merauke dan dua lagi di kota jayapura, Sementara untuk yang pulang hari ini kedua nya dari Kota Jayapura.

Walau demikian Sumule juga mengaku ada kabar baik dari pandemi covid-19 di Papua, dimana hari ini di laporkan sebanyak 540 orang  yang melepas status ODP nya.

“ Berita baiknya, ada 540 orang yang tidak lagi berstatus ODP, karena sudah melewati 14 hari masa karantina dan mereka tetap sehat, “Terang Sumule.

Jumlah ODP hingga Minggu malam ini sebanyak 5852, sementara pada hari kemaren sebanyak 6392 orang.

“Berkurangnya ODP sebanyak 540 orang ini merupakan hasil kerja teman-teman satuan gugus di kabupaten/kota dengan tim surveilance yang tak kenal lelah mendata dan memberikan edukasi bagi mereka semala masa karantina, “Jelas Sumule.

Selain berkurang nya jumlah ODP, Sumule juga mengatakan bahwa hingga kini tim medis telah berhasil menyembuhkan 5 orang positif covid-19, yaitu 2 orang di merauke dan 3 orang di kota Jayapura.

“Dengan keberhasilan ini, Maknanya bahwa kita masih harus bekerja keras dan terus bergandengan tangan, namun kami sangat yakin kita akan memenangkan peperangan melawan virus ini. Kami percaya bahwa sebagai orang beriman, kami yakin bahwa Tuhan yang adalah Tabib kita pasti akan bantu kita semua melewati Cobaan ini, “ Pungkas dr.Silwanus Sumule. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here