Ketua Bawaslu Merauke, Oktovina Atamp/foto ist

Merauke, Topikpapua.com, – Kendati Pemilihan Umum (Pemilu) serentak baru akan dihelat pada tahun 2024 mendatang, namun Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupate Merauke sudah mulai bergerilya menjalankan sejumlah program strategisnya untuk menyambut pesta demokrasi tersebut.

Ketua Bawaslu Merauke, Oktovina Atamp mengungkapkan, sejauh ini pihaknya sudah menjalankan sejumlah program, salah satunya adalah Sekolah Kader.

Dia menjelaskan, program Sekolah Kader merupakan lanjutan dari program yang dibuat oleh Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Papua.

Para kader yang diikutkan dalam program ini, diberikan pemahaman tentang bagaimana melakukan suatu pengawasan seluruh tahapan dalam pelaksanaan Pemilu.

“Program ini sudah kita jalankan sejak tahun 2021 lalu. Selepas para kader ini mendapatkan pendidikan dan pemahaman terkait bagaimana melakukan pengawasan, mereka akan kembali dan akan kami persiapkan untuk melakukan pegawansan di Pemilu serentak 2024 mendatang” kata Oktovina di Merauke, Rabu (09/02/2022)

Selain Sekolah Kader, sambung Oktavina, Bawaslu juga tengah melakukan pengawasan terhadap Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

“Untuk DPTb datanya selalu kami update dari KPU dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil),” akunya.

Bawaslu juga melakukan pengawasan digital. Hanya saja, kata dia, pengawasan digital baru akan dilaksanakan saat seluruh tahapan Pemilu itu berlangsung.

“Untuk pengawasan digital saat ini belum ya. Tapi itu juga akan tetap kami awasi saat semua akun-akun dari calon, baik calon anggota legislatif di seluruh tingkat maupun calon kepala daerah. Setelah mereka mendaftarkan akun ke KPU sebagai media kampanyenya. Hal itu juga tidak akan lepas dari pengawasan kami nantinya,” tandas Oktavina. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here