Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, –Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali didampingi Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, Bupati Keerom Piter Gusbager, Dir Pamobvit Polda Papua Kombes Polisi Nicolas Ary Lilipaly dan Kanit Binmas Polsek Abepura Iptu Rudi Rudianto, menyaksikan langsung pertandingan final bulu tangkis kategori nomor beregu putra dan putri pada ajang PON XX Papua, yang berlangsung di GOR Waringin Kotaraja, Papua, Sabtu (9/10/2021).

Pertandingan beregu putra mempertemukan Provinsi Jawa Barat melawan Provinsi DKI Jakarta dan beregu putri mempertemukan Provinsi DKI Jakarta melawan Provinsi Jawa Timur ini berlangsung dengan aman dan lancar.

Menpora RI dalam kesempatannya mengatakan, cabor bulu tangkis pada hari ini telah memasuki babak final untuk nomor beregu putra dan putri, kehadirannya di venue ini dalam rangka memantau keberlangsungan pertandingan ini.

Menurut menpora, cabang olahraga bulu tangkis masuk didalam olah raga unggulan Indonesia di ajang internasional sehingga ia ingin memastikan apakah dalam perhelatan PON XX Papua dapat melahirkan talenta-talenta baru yang berprestasi nantinya.

“Setelah saya melihat pertandingan dari awal hingga akhir, saya dapat simpulkan bahwa kita mempunyai harapan untuk melahirkan atlit baru dikarenakan para atlit yang berlaga di ajang PON XX Papua sangatlah bagus permainannya,”

Terkait venue bulu tangkis yang ada di Papua, menpora berharap dapat di manfaatkan untuk membina para generasi muda sehingga pemuda dan pemudi Papua juga bisa berprestasi di ajang nasional maupun internasional.

Sementara Marselia Rumambi salah satu atlet bulu tangkis dari beregu putri asal Provinsi Papua mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Papua yang selalu mendukung atlet saat sedang bertanding.

” Dan kami memohon maaf dikarenakan kami hanya dapat menyumbang mendali perunggu pada event PON XX di nomor beregu, namun kami mohon doa dan dukungannya kepada masyarakat Papua semoga kedepan kami bisa lebih berprestasi lagi,” tandas Marselia.

Kanit Binmas Polsek Abepura Iptu Rudi Rudianto selaku Kapam Objek pertandingan cabang olahraga bulu tangkis mengatakan, ini merupakan pertandingan final bulu tangkis pada nomor beregu dan antusiasme masyarakat yang datang ke venue pin sangat tinggi untuk menonton pertandingan.

” Namun, kami tetap menerapkan aturan yang di anjurkan oleh pemerintah yakni hanya memperbolehkan masyarakat yang bisa menonton berjumlah 25% dari kapasitas venue, mengingat kita masih berada di masa pandemi Covid-19,” kata Rusdianto.

Dan untuk masyarakat yang tidak bisa menonton kami berikan pemahaman bahwa tindakan yang kami lakukan semata-mata untuk menjaga kesehatan kita bersama agar tidak timbulnya klaster baru Covid-19 setelah penyelenggaraan PON XX Papua in,” imbuhnya lagi.

Personel yang terlibat dalam pengamanan pelaksanakan pertandingan cabang olahraga bulu tangkis sebanyak 70 personel yang terdiri dari personel TNI-Polri dan Satpol PP.

“Dimana 70 personel yang terlibat dalam pengamanan kami tempatkan di titik-titik luar venue dan dalam venue. Sampai dengan saat ini pertandingan masih berlangsung dan situasi masih dalam keadaan aman dan kondusif,” bebernya.

Untuk diketahui pada pertandingan PON XX cabor bulu tangkis pada nomor beregu putra medali emas diperoleh Provinsi DKI Jakarta, mendali perak diperoleh Provinsi Jawa Barat serta mendali perunggu diperoleh Provinsi Jawa Timur serta Provinsi Papua.

Sedangkan untuk nomor beregu putri mendali emas diperoleh Provinsi Jawa Timur, mendali perak diperoleh Provinsi DKI Jakarta serta mendali perunggu diperoleh Provinsi Bali serta Provinsi Papua. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here