Rusuh Dogiyai, Aparat Amankan Ketua KNPB

oleh -145 Dilihat
Ketua KNPB Dogiyai, SG, saat diamankan aparat gabungan karena diduga sebagai otak kerusuhan/ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Kabupaten Dogiyai, berinisial SG diiamankan aparat gabungan karena diduga sebagai otak dalam kerusuhan di Kampung Ikebo, Dogiyai, pada Sabtu (12/11/2022) lalu.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal membenarkan, SG diamankan petugas saat ia sedang mengisi bensin di SPBU Moaemani, Selasa (22/11/2022) sekitar pukul 10.25 WIT.

“Benar, tadi pagi kami mengamankan Ketua KNPB Wilayah Dogiyai berinisial SG untuk dimintai keterangan terkait kasus laka lantas berujung kerusuhan yang terjadi pada Sabtu pekan lalu,” ujarnya.

Kamal menerangkan penangkapan SG dilakukan setelah apatay mendapat laporan dari warga, bahwa SG sedang berada di SPBU. Tak lama kemudian, personel gabungan bergegas datang dan meringkuk SG.

“Setelah mendapat laporan, anggota dipimpin Wakapolres Dogiyai dan tim Satgas Damai Cartenz bergerak ke TKP dan berhasil mengamankan SG, kemudian dia dibawa ke Mapolres Dogiyai,” bebernya.

Guna menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Dogiyai tetap kondusif, SG kemudian dibawa ke Kabupaten Nabire untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Lebih jelas, kata Kamal, Polisi akan memberikan sanksi hukum tegas terhadap pihak-pihak yang terlibat kekerasan di Dogiyai.

“Saat ini SG sudah dibawa ke Nabire untuk dimintai keterangan lebih lanjut, dengan dikawal oleh aparat gabungan Polres Dogiyai dan Satgas Damai Cartenz,” ujarnya seraya meminta seluruh masyarakat agar tetap menjaga kamtibmas Dogiyai tetap kondusif.

Diberitakan sebelumnya, sekelompok massa mengamuk di Kampung Ikebo, Kabupatan Dogiyai dipicu kasus kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan seorang anak berusia 5 tahun bernama Noldi Goo meninggal dunia pada Sabtu (12/11/2022)

Kabid Humas mengatakan, aksi anarki terjadi lantaran warga dalam sekelompok itu tidak dapat mengendalikan diri, sehingga main hakim sendiri dengan menyerang sopir truk pelaku tabrakan maut, warga hingga membakar puluhan bangunan mulai dari rumah kios serta kantor pemerintahan.(Redaksi Topik)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.