Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat meresmikan Alun-Alun Aimas di Kabupaten Sorong, Papua Barat, Jumat (1/10/2021). (Foto: Yogi Prayoga S./Biro Adpim Jabar)

Sorong, Topikpapua.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Ibu Atalia meresmikan Alun-Alun Aimas di Kabupaten Sorong, Papua Barat, Jumat (1/10/2021).

Usai meresmikan, Kang Emil –sapaan akrabnya disambut hangat dengan kesenian Papua dan juga tarian khas Jabar. Anak-anak Papua pun memainkan angklung.

Kang Emil menyatakan, pembangunan Alun-alun Aimas di Kabupaten Sorong merupakan wujud persaudaraan antara masyarakat Jabar dan Papua.

“Pembangunan Alun-alun Aimas ini merupakan bentuk dari persaudaraan antara masyarakat Jabar dan Papua. Dengan hadirnya ruang publik yang nyaman, diharapkan dapat meningkatkan indeks kebahagiaan warga Sorong,” ucap Kang Emil.

“Akhirnya dengan senang hati saya bantu. Dan Alhamdulillah di tahun 2021 sudah berhasil. Ini baru dibuka hari ini. Saya doakan warga Kabupaten Sorong makin bahagia dan gembira,” imbuhnya lagi.

Ia menuturkan, Alun-alun Aimas dapat menjadi salah satu ruang publik untuk melakukan berbagai aktivitas dan sekaligus menjadi wujud ruang demokrasi, karena semua kalangan bisa mengekspresikan budaya, rekreasi, olahraga dan juga aktivitas ekonomi dari berbagai kalangan.

“Inilah tempat istimewa. Jantung dari semua tempat. Satu harus ada semangat budaya ragam hiasnya. Saya bilang salah satu tempat yang dirindukan oleh warga itu adalah alun-alun dan mewadahi semua fungsi. Di sini berbagai kalangan bisa mengekspresikan budaya, rekreasi, olah raga dan juga aktivitas ekonomi dari berbagai kalangan. Tua muda, kaya-miskin, hingga mamak-mamak jual pinang dan sirih,” terangnya.

Untuk dikehuai bahwa Alun-alun Aimas ini didesain langsung oleh Kang Emil yang diinisiasi sejak 2017. Ia pun berharap rasa persatuan dan kesatuan tetap tumbuh dalam menjaga NKRI tercinta.

“Pada dasarnya kita bersaudara. Minta pertolongan bantuan tentulah kita pasti bantu, kita dukung. Pak Bupati sahabat saya ini waktu saya masih wali kota, ada rencana ingin membuat alun-alun yang representatif. Saya kira itulah kunci dari NKRI dan semangat Pancasila adalah sila ketiga persatuan Indonesia,” ucapnya.

Sebagai wujud kebermanfaatan yang selama ini dianutnya, kata Kang Emil, ia menghadap pemerintah pusat untuk mempertimbangkan membiayai revitalisasi sisi selatan Alun-alun Aimas Kabupaten Sorong.

“Dan tentunya saya senang. Mudah-mudahan ini menunjukkan kabupatennya makin maju dan kita sama-sama cinta NKRI ditunjukkan dengan persaudaraan dan kerja sama,” tambahnya.

Sementara Bupati Sorong Johny Kamuru mengapresiasi komitmen Kang Emil untuk membantu Kabupaten Sorong dengan mendesain Alun-alun di tengah kesibukannya sebagai Gubernur Jabar.

“Saya memberi apresiasi atas komitmen hati dari Pak Gubernur Jawa Barat. Beliau memulai ini waktu masih jadi wali kota. Di tengah kesibukan itu, beliau merelakan bantu untuk membangun Alun-alun Kabupaten Sorong. Mungkin ini komitmen hati yang luar biasa dari seorang Gubernur Jabar. Dan saya bilang ini waktu itu, beliau adalah seorang tokoh. Saya pikir itu pemimpin yang pasti diberkati oleh Tuhan,” ucap bupati.

Sebagai kepala daerah di Kabupaten Sorong, ia pun mengaku puas dengan desain Alun-alun Aimas. Bupati berharap masyarakat Sorong dapat melestarikan ruang publik tersebut dan keberadaan Alun-alun Aimas dapat meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Sorong. Apalagi saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti taman bermain.

“Kita puas, saya kira alun-alun ini milik kita semua dan harus dijaga oleh semuanya kalau mempunyai rasa memiliki. Harapannya kebahagian akan naik, karena mereka ini duduk santai, apalagi ada WiFi gratis sudah ada,” tandasnya. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here