Para pemain Papua merayakan kemenangan atas Jawa Barat di partai final Futsal PON XX Papua dengan skor 4-2 di GOR Futsal SP-2 Mimika, Minggu (3/10/2021). (Foto : PB PON XX PAPUA)

Jayapura, Topikpapua.com,- Futsal Papua akhirnya berhasil menambah pundi perolehan medali tuan rumah setelah meraih medali emas pada PON XX 2021. Di partai final, Futsal Papua mengalahkan juara bertahan Jawa Barat dengan skor 4-2 di GOR Futsal Mimika, Minggu (3/10/2021). Gol Futsal Papua diciptakan melalui Brian Ick: 2 gol, serta M. Najib dan Yosep Mikus masing-masing satu gol.

Sementara medali perunggu dimenangkan oleh Futsal Nusa Tenggara Barat setelah mengalahkan Jawa Timur dengan skor 5-1.

Hasil tersebut menjadi catatan sejarah baru bagi Futsal Papua, dimana untuk pertama kalinya Futsal Papua bisa meraih medali emas pada ajang PON. Sejatinya Futsal Papua belum pernah merasakan kejayaan berdiri di atas podium juara dalam hajatan Pekan Olahraga Nasional atau PON. Pasalnya, selama ini, prestasi terbaik Futsal Papua hanya mampu menjadi kontestan PON XVIII 2012 Riau.

Futsal Papua setiap pagelaran PON selalu memiliki ambisi untuk untuk gigi. Sayangnya, mereka di PON XVIII kandas pada babak penyisihan, kemudian XIX gagal pada babak prakualifikasi PON. Dan PON XX Papua menjadi pertama kalinya Futsa Papua berdiri di atas podium juara.

Capaian Futsal Papua juga mewujudkan mimpi Asprov PSSI Papua yang jauh hari sudah menaruh target medali emas bagi tiga cabang olahraga yang mereka bina, Sepakbola Putra dan Putri dan Futsal.

Perjalan Futsal Papua di PON XX 2021 terbilang mulus, mengandaskan seluruh lawan di babak penyisihan grup A, Papua kemudian melaju ke babak semifinal sebagai juara grup dengan nilai sempurna. Di babak semifinal, giliran Jawa Timur yang menjadi tumbal dari pasukan Daud Henri Arim sebelum melibas Jawa Barat di babak final.

“Ini sejarah buat kita di tanah Papua, kita juga sudah menjaga kepercayaan dan target yang diberi oleh pengurus baik Asprov PSSI Papua dan KONI Papua sudah tercapai,” ungkap Daud Arim saat dihubungi via telepon selulernya usai pertandingan.

“Kami dapat emas, kami sudah dapat emas duluan dari sepakbola putra dan putri. Saya harap sepakbola putra-putri juga dapat dapat emas supaya target dari Bapak Ketua Asprov PSSI Papua tercapai seperti yang disampaikan ke pengurus KONI Papua bahwa dari Asprov PSSI Sepakbola putra-putri dan harus emas,” sambung Daud Arim.

Daud Arim juga melayangkan apresiasi kepada seluruh pemainnya yang tampil konsisten sejak babak penyisihan, semifinal dan final.

“Terimkasi kasih buat pemain yang sudah luar biasa bermain dengan semangat tinggi dan punya komitmen untuk juara di tanahnya sendiri. Ini berarti futsal sendiri sudah otomatis lolos ke PON berikutnya. Kami akan terus berupaya untuk mengharumkan nama Papua di kancah nasional,” pungkas Daud Arim.(Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here