Komisioner Bawaslu Provinsi Papua, Ronald Manoch / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Rabu, 09 Desember 2020 Pilkada serentak akan digelar di seluruh Indonesia, termasuk 11 kabupaten di Papua, Namun hingga selasa petang dilaporkan masih banyak distrik di kabupaten Yahukimo yang belum menerima logistik pilkada.

Komisioner Bawaslu Provinsi Papua, Ronald Manoch saat dihubungi redaksi topik selasa petang mengaku baru 18 distrik dari 51 distrik di kabupaten Yahukimo yang logistik pilkadanya sudah terdistribusi, sementara 33 distrik lainnya belum.

“Hingga pukul 16.00 wit, laporan yang kami terima baru 18 distrik yang sudah dan masih ada banyak distrik yang belum terima logistik, “ ungkap Ronald.

Ronald mengaku, penyebab lambatnya pendistribusian logistik tersebut karena kurang nya armada pengangkut serta lambatnya waktu pendistribusian.

“Setelah kita cek, itu permasalahannya ada di pihak ketiga, ternyata mereka hanya menyediakan dua armada (Hellicopter), dimana salah satunya berbadan kecil sehingga sangat terbatas untuk daya angkut dan jangkauan, sementara  yang Heli berbadan besar kabarnya baru tadi siang datang, “Jelas Ronald.

Dijelaskan Ronald, awalnya pihak bawaslu menduga keterlambatan di pengaruhi oleh faktor cuaca, namun setelah di cek di lapangan ternyata cuaca dilaporkan cerah.

“Tidak ada alasan faktor cuaca, karena kami pantau saat ini cuaca di yahukimo bagus, bahkan hingga sore ini cuaca masih bagus, jadi kami nilai ini adalah human error, “Tukasnya.

Ronald mengaku dengan temuan ini, pihaknya akan merekomendasikan kepada KPU untuk melakukan pemilihan susulan di 33 distrik di Kabupaten Yahukimo.

“Ini juga menjadi catatan kita, sebagai suatu temuan, sehingga ada efek jera kepada siapapun termasuk pihak ketiga, mereka tidak boleh bermain-main dalam pendistribusian ini, Rekomendasi pemilihan susulan di 33 distrik ini akan kita jadikan temuan, “Pungkasnya. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here