Pertandingan renang perairan terbuka di venue Teluk Yosudarso/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Aparat gabungan mengamankan pertandingan cabang olahraga renang perairan terbuka di venue Teluk Yos Sudarso, Kota Jayapura, Papua, Senin (4/10/2021).

Pertandingan renang perairan terbuka yang berlangsung hingga 6 Oktober mendatamg diikuti 36 atlet dari 12 provinsi dengan merebutkan medali emas pada 6 nomor putra dan putri yakni 5000 meter, 10.000 meter dan 3000 meter

Kapolsek KPL Jayapura, Iptu Rischart H. L. Rumboy selaku perwira pengendali mengatakan, jumlah anggota gabungan yang mengamankan pertandingan ini sebanyak 41 orang yang terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP dan BPBD guna memastikan situasi disekitaran venue berjalan aman dan lancar sampai selesai.

Untuk pengamanan sendiri, lanjut Rischart, pihaknya telah menempatkan anggota di enam titik pengamanan yaitu di pintu masuk dan keluar, dibagian timur venue, sekretariat, pemeriksaan dobing, parkiran timur penonton dan parkiran dalam kantor gubernur.

“Kami melakukan pengamanan di tempat-tempat tersebut guna mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti pencurian helm maupun kendaraan yang terparkir. Sampai dengan saat ini situasi di sekitaran venue masih aman dan lancar,” paparnya.

Selain itu pihaknya juga mengimbau kepada warga yang datang menonton agar selalu menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu penggunaan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Anggota yang berjaga di pintu masuk juga selalu melakukan pemeriksaan barang bawaan penonton yang ingin masuk untuk mencegah barang-barang terlarang, masuk ke dalam venue,” tegas Rischart.

Sementara Wakil Ketua Umum PRSI Sarman Simanjorang dalam kesempatannya menyampaikan, untuk pembukaan renang perairan terbuka hari ini 5000 meter putra dan putri, kemudian nanti ada 3000 meter dan 10.000 meter.

” Kami terus terang bahwa venue ini sangat luar biasa dan sangat layak dijadikan pertandingan bertaraf internasional kedepan, semoga dengan adanya PON di Papua ini nantinya KONI Papua akan dilakukan kejuaraan dunia disini dan kami sampaikan bahwa PB PRSI dengan adanya venue aquatic bertaraf internasional nantinya kami akan merancang kejuaraan internasional di Papua,” kata Simanjorang.

Bukan hanya renang terbuka, Simanjorang mengaku kemungkinan dilakukan juga kejuaraa Indonesia Open yang melibatkan ASEAN atau ASIA.

“Kita ingin memanfaatkan stadion Aquatic Papua ini menjadi salah satu tempat untuk melakukan even-even internasional,” ungkapnya.

Ditempat yang sama Wali Kota Jayapura. Benhur Tomi Mano berharap pertandingan berjalan aman dan tertib dari awal pembukaan hingga akhir.

“Papua itu aman dan damai, sehingga atlet-atlet kita dari seluruh Indonesia bisa melakukan tugas mereka meraih prestasi di Tanah Papua. Dan hari ini di Teluk Yos Sudarso Kota Jayapura dilombakan renang perairan terbuka dan ini menjadi satu kebanggan buat kami bisa memperlihatkan keindahan Kota Jayapura dari ufuk Timur Indonesia, bisa meraih prestasi kedepannya,” tandas wali kota. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here