Pulihkan Papua, Kapolda : Kuncinya ada Pada Pemerintah Daerah, DPR dan MRP

0
Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen Herman Asaribab saat menghadiri acara sarasehan Nasional di RRI Jayapura / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw menegaskan untuk bisa memulihkan situasi di Papua dan menciptakan harmonisasi tidak bisa hanya dengan menggantungkan kepada aparat keamanan saja, tapi semua elemen harus berperan aktif untuk bersama sama mewujudkan Kedamaian di Tanah Papua.

Hal tersebut di ungkapkan Kapolda saat menghadiri acara Sarasehan Nasional “Bersama Pulihkan Harmoni Papua” yang di selenggarakan di RRI Jayapura, Rabu (16/10/19).

Selain Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, hadir juga Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Kabid Humas Polda Papua Drs. Ahmad Musthofa Kamal SH, Kapendam XVII Cenderawasih, Kepala BKKBN Provinsi Papua, Kepala Bank BI Wilayah Papua Tigor Naik Sinaga, Bupati Mamberamo Tengah, Wakil Walikota Jayapura H. Rustan Saru, MM.

” Bicara tentang problema Papua saya melihat ada beberapa hal yang bisa menjadi solusi yang baik yaitu pertama dari pemerintah daerah kemudian DPRD, MRP yang terdiri dari komponen laki-laki dan perempuan. Jika semua bekerja dengan bersungguh-sungguh maka yang lain tidak perlu untuk bekerja cukup untuk beristirahat.., mengapa demikian karna jika semua berjalan dengan baik semua masalah pasti bisa di tangani dengan baik dan memang itulah fungsi mereka, ” Tegas Kapolda.

Kapolda juga menegaskan bila ada permasalahan di Papua tidak perlu terus menerus melibatkan presiden, karena di Papua sudah ada pemerintah daerah yang merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah pusat.

” Bicara tentang sebuah program di Papua semua sudah ada disini sisa bagaimana kita menjalankannya dengan baik oleh karena itu masyarakat tidak perlu membuang suara harus bertemu Presiden dan lain sebagainya karna di Papua sudah ada pemerintah daerah  dikarenakan mereka sudah ada disini dan harus menjalankan fungsinya sebagai kaki dan tangan atau perpanjangan tangan dari pemerintah sehingga semua bisa berjalan dan di atasi dengan baik, ” Jelas Irjen Paulus.

Dirinya juga meminta kepada seluruh masyarakat di Tanah Papua agar bijaksana dalam menggunakan media sosial, jangan mudah terprovokasi dengan informasi sesat yang tujuannya untuk mengacaukan Papua.

” Saat ini masyarakat kita sangat mudah sekali terpancing atau termakan oleh isu isu hoax yang sama sekali beritanya tidak benar.., mengapa demikian dikarenakan beberapa faktor dari media sosial dimana seseorang konsen atau membagikan berita tanpa dilihat dan dicek terlebih dahulu kemudian setelah itu ada oknum-oknum yang memanfaatkan menambah berita-berita tersebut sehingga menjadi seolah-olah ada sesuatu hal yang terjadi di daerah kita ini padahal semua hanya hoax belaka, ” Beber nya.

Lanjutnya, Maka dari itu saya selaku Kapolda Papua menghimbau kepada masyarakat jika ada berita yang seperti itu alangkah baiknya kita cek terlebih dahulu kebenarannya, disini ada Kepolisian sebagai tempat mengadu Jika ada hal-hal yang sekiranya ingin anda pastikan apakah hal itu benar atau tidak. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here