Program Polisi Pi Ajar Sosialisasikan Berita Hoax kepada Pelajar di Nabire

0
anggota Binmas Noken Polres saat melaksanakan program polisi pi ajar di SD Negeri Oyehe Nabire / ist

Nabire, Topikpapua.com, –  Maraknya kericuhan yang terjadi akibat berita hoax di Papua menginspirasi Binmas Noken Polres Nabire untuk mensosialisasikan bahaya berita hoax kepada pelajar tingkat sekolah dasar di Nabire.

Lewat Program Polisi Pi Ajar, personil  Binmas Noken Polres Nabire mengunjungi sekolah Dasar Negeri Oyehe Nabire, Kamis (03/10/19).

Didepan 30 siswa kelas enam sekolah dasar Oyehe Nabire Bripka Irma Sutari, S.Sos didampingi Bripda Gress Goo dan Bripda Imelda mnsosialisasikan apa itu berita Hoax dan akibat nya bagi kehidupan.

” Cara untuk mengatasi berita Hoax yaitu dengan cara mengenali judul, isi berita, tanyakan kepada sumbernya, karena biasanya berita Hoax judulnya sensasional sehingga mengandung unsur Provokasi didalamnya. Jadi jangan mudah percaya dan terhasut dengan judul seperti itu karena bisa jadi berita itu adalah HOAX, ” Ungkap Bripka Irma.

Dijelaskan Bripka Irma, untuk mengenali berita hoax berupa foto atau video, kita harus meneliti keaslian video atau fotonya, karena diera digital sekarang ini foto atau video bisa diedit jadi harus dicek keasliannya terlebih dahulu.

” Menelusuri kebenaran berita itu berdasarkan fakta yang ada, karena kalau berita itu berdasarkan opini berarti berita itu bohong atau HOAX.  Jadi anak-anak kalau ada seperti begitu saring dulu ya sebelum sharing artinya cermati dulu beritanya sebelum teruskan ke orang-orang, ” Jelasnya.

Sementara itu, Wali kelas 6A, Ibu Selfiani Paliling, S.Pd, mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan dari Binmas Noken Polri dalam kegiatan Polisi Pi Ajar di Sekolah kami, yang mana sudah meluangkan waktunya untuk mengajarkan anak-anak kami di SD Negeri Inpres Oyehe.

” Anak-anak kami sangat antusias sekali dengan kegiatan Polisi Pi Ajar, dimana mengajak anak-anak untuk mencermati apa itu berita HOAX, sekali lagi terimakasih kepada Binmas Noken Polri. Semoga Binmas Noken Polri bisa datang lagi ke sekolah kami dengan memberikan materi yang berbeda. Sukses buat Binmas Noken Polri Polres Nabire, dengan programnya Polisi Pi Ajar, ” Ungkap Ibu Selfiani.

Selain mensosialisasikan Berita Hoax, tim polisi pi ajar juga mengajak para murid bermain dan bernyanyi bersama. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here