Presiden Jokowi bersama pejabat tinggi negara saat menghadiri Opening Ceremonial PON XX Papua/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX untuk pertama kalinya dilaksanakan di tanah Papua, menuai harapan dan doa terbaik dari semua kalangan agar pesta olahraga terakbar di tanah air ini berjalan dengan aman dan kondusif.

Presiden Joko Widodo yang hadir langsung pada Opening Ceremony PON XX Papua, Sabtu (2/10/2021) malam mengajak seluruh masyarakat untuk menjunjung tinggi sportivitas, solidaritas, persatuan, dan kesatuan bangsa. Slogan “Torang Bisa!” yang diusung dalam PON XX ini diharapkan mampu membawa kesejahteraan dan perdamaian di Tanah Papua.

“Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita untuk partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini,” pesan Jokowi.

Senada dengan Presiden Joko Widodo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Polisi Boy Rafli Amar berharap dengan terselenggaranya PON yang aman, serta terjaganya fasilitas olahraga berstandar nasional dan internasional, ke depannya akan lebih banyak lagi muncul atlet nasional asli Papua.

“Jadi untuk anak-anak Papua jangan lupa terus berprestasi untuk Indonesia” ucap Boy Rafli.

Mantan Kapolda Papua ini juga telah berkoordinasi dengan aparat setempat agar PON XX di Papua dapat berlangsung dengan kondusif sehingga kontingen dan masyarakat merasa nyaman dan aman.

“Kita akan terus berupaya bersama seluruh aparat dan masyarakat di Jayapura, Timika, dan Merauke agar PON ini dapat berlangsung dengan kondusif,” terangnya.

Kehadiran Kepala BNPT ke Papua merupakan bentuk komitmen BNPT dalam mengawal PON XX dari ancaman gangguan keamanan.

Sekitar 6.000 atlet tamu dari 33 provinsi dan 923 atlet tuan rumah (Papua) diketahui mengikuti 37 cabor yang pelaksanaannya dilakukan di empat kluster penyelenggara yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Dalam Opening Ceremony PON XX Papua ini turut hadir pula Ketua DPR RI, Ketua MPR RI, Ketua DPD, jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kapolri, Panglima TNI, serta pimpinan lembaga negara. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here