Positif C-19 di Papua Terus Meningkat, Hari ini Total 80 Kasus

0
Illustrasi Covid-19 / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Hari ini lima kasus baru positif C-19 kembali di temukan di Papua. Tiga kasus dari Kabupaten Mimika dan dua kasus dari Kabupaten Merauke. Total Komulatif hingga kamis 16 April 2020, pukul 19.00 wit sebanyak 80 Kasus.

Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr.Silwanus Sumule mengatakan dari total 80 kasus positif tersebut, 56 pasien diantaranya sedang dalam perawatan, 17 pasien sembuh dan tujuh meninggal dunia.

“Walaupun kasus positif terus meningkat, namun ada juga dua pasien yang sembuh, dan kondisi 53 pasien yang dalam perawatan semuanya dalam kondisi baik, sudah tidak ada lagi pasien yang menggunakan alat bantu pernafasan, “Kata Sumule kepada Pers, Kamis (16/04/20).

Sementara untuk Data Orang Dalam Pemantauan (ODP) untuk hari ini sebanyak 3.545 orang atau naik sebanyak 122 orang, sebelumnya ODP sebanyak 3.423. Sedangkan umlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada kenaikan 2 kasus, dari 88 menjadi 100 orang.

“Makna peningkatan ini, khusus untuk ODP ini menunjukan kerja dari surveilance kita dan kesadaran masyarakat sudah semakin baik, kalau untuk Peningkatan PDP ini menunjukan tenaga kesehatan kita sudah berhasil menemukan lebih dini gejala covid-19, “Jelas Sumule.

Sumule berharap agar dengan makin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri dan tim surveilance di lapangan yang makin solid mentrace untuk menemukan ODP dan PDP baru, maka Pandemi Covid-19 di Papua bisa segera berakhir.

“Yang harus kita buat hari ini adalah berupaya agar mereka yang sudah terinfeksi tidak menularkan ke orang lain, itu lah mengapa pemerintah minta kepada kita untuk tetap di rumah, hindari kerumunan bila terpaksa harus keluar rumah, rajin cuci tangan dan selalu pakai masker bila keluar rumah,”Jelas Sumule.

Sumule pun berpesan bagi warga Papua yang pernah punya riwayat pernah kontak dengan PDP atau Pasien positif agar segera melapor ke tim medis.

“Kalau cepat lapor, kita akan tau lebih awal, sehingga bisa cepat kita tangani, Ingat covid ini bisa sembuh, bila datang cepat dan kita periksa ternyata positif dan masih dalam fase sakit ringan cukup isolasi diri dirumah, minum obat dan ikuti protokol dari tim medis, pasti bisa sembuh,”Terang Sumule.

Sumule juga mengingatkan kepada warga agar tidak menstigma pasien positif dan keluarga nya, “ini wabah dan tidak ada orang yang mau terjangkit virus ini, untuk itu jangan kita menstigma yang buruk kepada orang atau keluarga yang positif, “Pungkas Sumule. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here