PON XX Papua Bisa Tertunda Karena Virus Corona..?

2
Ketua LSM Papua Bangkit, Hengky Jokhu / irf

Sentani, Topikpapua.com, –  Ketua LSM Papua Bangkit, Hengky Jokhu mengatakan kemungkinan iven olahraga terakbar di Indonesia yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2020 bisa tertunda karena dampak dari virus Corona.

“Tidak menutup kemungkinan PON XX bisa tertunda, karena dampak dari virus Corona,” kata Hengky kepada Redaksi Topik, Rabu (11/03/20).

Hengky juga meminta PB PON untuk mempertimbangkan rencana memakai rumah warga untuk menampung tamu yang akan datang dari berbagai daerah saat PON berlangsung nanti.

 “Jadi, saya pikir kalau rumah warga diminta oleh pihak PB PON XX untuk tempat menampung tamu-tamu PON itu sangat baik sekali. Tetapi, perlu kita ketahui bahwa dalam arti yang lebih luas itu tentu masyarakat belum siap menerima kehadiran tamu yang datang, karena takutnya membawa virus Corona, “ Ungkap Hengky.

Lanjut Hengky, bukan hanya masalah Virus Corona, namun ada masalah lain lagi yang bisa menjadi alasan warga menolak untuk menerima tamu dari luar di rumah mereka.

“Jadi disini perlu kita pahami secara baik, bahwa watak dari masyarakat Papua saat ini tidak (belum) bisa menerima orang dari luar. Dikarenakan, ada beberapa persoalan yang terjadi beberapa waktu lalu atau tahun lalu tentang ujaran Rasisme, penembakan dan lain sebagainya. Jika di tambah lagi dengan ancaman virus Corona, maka sudah tentu hal itu akan membuat masyarakat Papua belum bisa menerima orang dari luar secara baik untuk menginap di rumah mereka,” Beber Hengky.

Untuk itu, dirinya meminta kepada pihak PB PON XX Papua untuk melihat baik situasi perkembangan saat ini. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan bersama di kemudian harinya. “Dikarenakan hal ini tidak semudah yang dibayangkan. Karena kalau kita bicara saja itu gampang, tetapi realisasinya ini tidak segampang yang itu,” imbuhnya.

Untuk diketahui, penyebaran Virus Corona (Covid-19) di seluruh dunia telah berdampak pada pementasan acara olahraga di Cina dan di tempat lain. Ada yang ditunda bahkan dibatalkan. Seperti Semua pertandingan sepak bola di Thailand dimainkan secara tertutup, tanpa penonton sepanjang bulan Maret 2020, kemudian Vietnam League 1 memainkan pertandingan terbuka untuk musim 2020 di akhir pekan kemarin juga tanpa penonton.

Negara Thailand yang terpilih menyelenggarakan balapan kedua dalam ajang MOTOGP untuk musim 2020 pada 22 Maret nanti dibatalkan dengan alasan Untuk kepentingan terbaik bangsa dan peserta, bahkan perlombaan pembukaan musim 2020 di Qatar juga sudah dibatalkan dan juga ada beberapa pertandingan sepak bola Liga Italia dari akhir Februari hingga awal Maret 2020 yang dibatalkan, serta masih banyak lagi iven berbagai cabang olahraga tingkat internasional yang terpaksa dibatalka akibat penyebaran Virus Corona. (Irf/RT)

2 KOMENTAR

  1. Intinya mohon agar pemerintah mencegah Turis yg mau berkunjung ke papua paling tdk harus di perketat/ pemeriksaan terhadap turis tersebut .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here