Kapolresta Jayapura Kota, Akbp Gustav R Urbinas saat memberikan keterangan pers / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Peredaran ganja dari Negara tetangga PNG di kota jayapura kian marak. Dalam sepekan saja, Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polresta Jayapura kota berhasil menangkap empat WNA Papua New Guinea dengan barang bukti seberat 10,6 Kg ganja kering.

Kapolresta Jayapura Ajun Komisaris Besar Gustav Urbinas mengatakan keempat tersangka menggunakan jalur laut untuk menyelundupkan barang haram tersebut.

“ Kita amankan mereka, masing-masing JS,  JM,  JL dan DW di dua lokasi di Kota Jayapura. Keempatnya adalah warga negara Papua Nugini, “Kata Gustav kepada Pers, Jumat (06/11/20).

Dijelaskan Gustav, sebelumnya pihaknya menangkap JS dan JM pada tanggal 30 Oktober, dari hasil pemeriksaan terhadap JS dan JM polisi kemudian menangkap JL dan DW pada 3 November.

“Pelaku JS dan JM membawa 18 paket ganja kering. Sementara dari tangan JL dan DW,  polisi menemukan ganja yang disembunyikan di enam karung beras,  10 bungkus plastik,  sebuah koper dan satu tas ransel, ” papar Gustav.

Gustav menuturkan, dalam melakukan aksinya, para pelaku memanfaatkan luasnya wilayah perairan antara PNG dan Jayapura untuk menyelundupkan ganja.

“Kami bersama instansi terkait akan bersinergi untuk memperkuat pengawasan di wilayah Perairan Jayapura hingga akhir tahun ini. Tujuannya untuk mencegah masuknya ganja dari wilayah Papua Niugini, ” tutur Gustav.

Ia menambahkan, selama 10 bulan terakhir,  total sebanyak 43 kasus peredaran ganja dari PNG  ke Jayapura.  Sebanyak sembilan warga PNG yang telah ditangkap.

“Para pelaku kami dijerat dengan Pasal 111 Ayat UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana penjara paling singkat 5 tahun lama 20 tahun, “Pungkas Gustav. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here