Polisi Heroik Penembak Teroris di Sarinah Jabat Kapolres Merauke

0
Kapolres Merauke, AKBP Untung Surianata / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Kapolres Merauke saat ini dijabat oleh AKBP Untung Surianata. Namun belum banyak yang tau sosok AKBP Untung ternyata adalah salah satu polisi yang pernah melakukan aksi Heroik saat peristiwa terorisme kelompok Afif di Sarinah, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat pada tahun 2016 silam.

Pada saat teror itu terjadi, ada dua anggota Polisi yang dengan sigap dan merasa ‘terpanggil’ langsung turun tangan untuk melumpuhkan Afif pelaku terorisme di lokasi tersebut.

Kedua Polisi tersebut adalah mantan Kapolda Papua, Irjen (Pol) Martuani Sormin yang pada saat itu pangkatnya masih Kombes dan AKBP Untung Surianata.

Menjabat sebagai Kapolres Merauke, AKBP Untung Suriatana  mengantikan AKBP Agustinus Ary Purwanto yang dipromosikan menjadi Wadir reskrimum Polda Papua.

Sebelum menjadi Kapolres Merauke, Untung Sangaji menjabat sebagai Kasubbangbingops Bagjiansis Rojiantara Sops Polri setelah sempat bertugas di Polda Sumatera Utara dan Kapolres Aceh Utara.

Nama AKBP Untung Sangaji melejit usai membantu seniornya Irjen (Pol) Martuani Sormin menaklukan aksi terosisme yang terjadi Jakarta Pusat pada tahun 2016 lalu.

Atas prestasi tersebut pria kelahiran Seram Barat itu langsung dipromosikan menjadi Kapolres Aceh Utara.

Saat bertugas di Aceh, AKBP Untung kembali menjadi perhatian media, namun bukan karena menembak pelaku terorisme lagi, tetapi karena menggerebek sebuah salon di Pantonlabu, Tanah Jambo Aye, lantaran tak ingin populasi waria terus bertambah di wilayah hukumnya saat itu.

Tak lama usai melakukan aksi penggerbekan tersebut Tongkat Komando Polres Aceh Utara beralih dari Untung karena dirinya di mutasi ke Polda Sumatera Utara kemudian ke Mabes Polri dan kini menjabat sebagai Kapolres Merauke. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here