Polisi Amankan Ketua KNPB Mimika Diduga Sebagai Penyuplai Senjata dan Amunisi KKB

oleh -24 Dilihat
Satgas Gakkum Cartenz 2022 mengamankan pelaku penyuplai senjata dan amunisi KKB di Mimika/ist

Jayapura, Topikpapua.com, –   Aparat gabungan Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz 2022 berhasil mengamankan Ketua KNPB Mimika, YA bersama dua pelaku yakni MN dan BK yang diduga sebagai pelaku utama dalam jaringan senjata dan amunisi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Intan Jaya di Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (22/9/2022) lalu.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Polisi Ahmad Mustofa Kamal menjelaskan kronologis penangkapan itu berawal dari rencana transaksi oleh jaringan senjata dan amunisi KKB Intan Jaya di Kabupaten Mimika. Kemudian Tim Gakkum langsung melakukan penyelidikan terhadap pelaku berinisial MN.

“Setelah berhasil mengumpulkan informasi tim langsung bergerak dan melakukan penangkapan pelaku MN di Kabupaten Mimika,” ujar Kamal di Jayapura, Sabtu (24/9/2022).

Lanjut Kamal, dalam penangkapan itu pihaknya mengamankan sejumlah barang bukti yakni 1 buah tas samping warna hitam bertuliskan tas, 2 buah kantong plastik warna hitam, 95 butir amunisi tajam berwarna kuning bergaris hijau caliber 5.56, 18 butir amunisi karet berwarna kuning bertuliskan pin 7.62 TK, 9 buah besi rel amunisi bertuliskan pin K50, 1 buah HP Vivo warna merah tipe 1820, 1 buah HP Nokia 105 warna hitam, 1 unit HP Samsung Galaxi A13 warna cokelat dan 1 buah Nokia 105 warna pink.

“Jadi setelah berhasil kita amankan, kita lakukan penggeledahan di rumah tersangka dan menemukan sejumlah barang bukti. Kemudian kita lakukan pengembangan terhadap pelaku MN,” bebernya.

Dari hasil pengembangan pada Jumat (23/9/2022), Polisi  kembali mengamankan 2 tersangka lainnya yaitu BK dan YA. YA diketahui merupakan Ketua KNPB Wilayah Mimika. Keduanya merupakan warga Kebun Sirih Kabupaten Mimika.

“Untuk kedua tersangka ditangkap di lokasi yang berbeda. Dimana untuk tersangka MN berhasil di amankan di SP 5 Depan Kantor Bupati lama dan YA diamankan di Kediamanya di Kebun Sirih,” tandas Kamal. (Redaksi Topik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.