Ketua Umum Presedium Putra-Putri Pejuang Pepera (P5) Provinsi Papua, Yanto Eluay / Irf

Sentani, Topikpapua.com, –  Ketua Umum Presedium Putra-Putri Pejuang Pepera (P5) Provinsi Papua, Yanto Eluay menyatakan dukungannya kepada Doren Wakerkwa sebagai Sekda Defenitif Provinsi Papua.

Menurut Yanto, Doren dinilai layak untuk menduduki jabatan Sekda Definitif karena merupakan salah satu Putra terbaik Papua di Pemerintahan, selain itu Doren juga adalah salah satu cucu dan putra pejuang Pepera.

Baca JugaABPT Tolak Keppres Soal Sekda Papua, Ini Alasannya..

“Kami minta bapak Presiden lebih bijaksana melihat situasi Papua saat ini, karena Pak Doren ini salah satu tokoh yang sudah memiliki pengalaman sebagai ASN, pengalaman bertugas yang tinggi dan dia juga salah satu cucu dan putra dari Pejuang Pepera, karena orang tua dia yang mewakili Jayawijaya dari tokoh-tokoh dari wilayah Pegunungan di tahun 1969 untuk ikut dalam memutuskan Papua menjadi bagian dari NKRI,” Ungkap Yanto kepada Pers, Sabtu (21/11/20).

Yanto berharap agar Pemerintah pusat bisa kembali mempertimbangkan keputusan terkait siapa yang layak menjabat sebagai Sekda Definitif di Papua, Termasuk mendengarkan saran dan masukan dari para tokoh di Papua, khususnya soal Nasionalisme dari Doren Wakerkwa.

Baca JugaSoal Keppres Sekda Papua, Cristian Arebo : Masyarakat Hormati Keputusan Presiden

“Kalau memang ada isu-isu tentang mereka masih lemah Nasionalismenya, kami yang menjamin bahwa pak Doren sebagai putra Papua yang merupakan anak atau cucu dari pada tokoh Pepera, beliau akan komit untuk tetap menjaga Papua dalam bingkai NKRI,” Tegas Yanto.

Sebelumnya polemik siapa yang menjadi Sekda Papua terus bergulir. Dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor: 159/TPA tahun 2020 telah menetapkan Dance Yulian Flassy, SE, M.Si, sebagai Sekda Provinsi Papua, namun belakangan keputusan tersebut banyak menuai pro dan kontra.

“Kami harap memasuki bulan Desember yang penuh damai ini, permasalahan siapa Sekda Papua Definitif sudah bisa terjawab agar situasi Papua bisa tetap aman dan damai memasuki hari Natal dan Tahun baru, “Pungkas Yanto Eluay (Irf/RT)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here