Polda Papua Klaim Tembak Mati 4 Anggota KKB di Tembagapura

0
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Achmad Mustofa Kamal / Ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Polda Papua mengklaim berhasil menembak mati empat anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kali Bua, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, mengaku kontak tembak antara aparat dan KKB terjadi selama 2 hari, yakni sejak hari Sabtu dan Minggu.

Selain menewaskan 4 orang anggota KKB pada kontak tembak tersebut, aparat gabungan TNI-Polri juga berhasil mengamankan 3 pucuk senjata laras panjang serta beberapa senjata tajam milik KKB.

“ Senjata laras panjang yang berhasil diamankan tersebut merupakan hasil rampasan anggota KKB di Polsek Pirime pada tahun 2012 dan pada tahun 2014 di Pos Kulirik Puncak Jaya, “ Ungkap Kombes Kamal kepada Redaksi Topik, Senin (26/03/20).

Adapun korban tewas dari KKB yakni, Pentium Muda Waker (45), Moni Waker (30), Lani Magai (30), Lera Magai (28).

“ Senjata api yang berhasil kita rampas ada tiga, yakni jenis AR 15 yang Merupakan senjata rampasan tanggal 27 November 2012 pada saat penyerangan Polsek Pirime, AK 47 yang merupakan senjata rampasan Tanggal 4 Januari 2014 dalam kasus penyerangan Pos Kulirik Puncak Jaya oleh KKB dan Senpi jenis Thompson yang sampai saat ini belum kami identifikasi asalnya, “ Beber Kombes Kamal.

Sekain itu Kamal juga mengaku berhasil mengamankan beberapa senjata tajam milik KKB, yakni  3 buah Busur panah, 5 buah Anak panah dan 1 buah kampak.

“ Kita akan terus kejar kelompok itu dengan SOP yang ada, anggota kami akan terus melakukan penegakkan hukum terhadap anggota Kelompok Kriminal Bersenjata yang meresahkan warga. Pasca kejadian tersebut saat ini situasi keamanan di Distrik Tembagapura aman dan kondusif, “ Tukasnya.

Atas keberhasilan tersebut, Kapolda Papua selaku pimpinan Polri di Papua memberikan apresiasi kepada personil yang berhasil melumpuhkan dan mengamankan senjata api serta senjata tajam.

“ Kalau soal Reward bagi aparat yang berhasil itu wewenang pak Kapolda ya.., tapi yang jelas Kapolda berpesan kepada saya untuk sampaikan apresiasi yang tinggi buat aparat yang berhasil melumpuhkan dan mengamankan senjata api serta senjata tajam milik KKB, “ Pungkas Kombes Kamal. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here