Polda Papua : Kabar Herkules Jatuh di Papua Hoax

0
Gambar pesawat herkules jatuh/ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Polda Papua meluruskan kabar terkait insiden jatuhnya pesawat Herkules milik TNI yang ramai beredar di media sosial, Senin (09/11/20).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal tegas mengatakan kabar tersebut tidak benar, alias hoax. ” Itu kabar hoax, tidak benar ada pesawat Herkules jatuh,” kata Kabid Humas melalui rilis yang diterima Redaksi Topik, Senin malam.

Sebelumnya, Senin siang media sosial dihebohkan dengan kabar jatuhnya pesawat Herkules, yang memuat kurang lebih 100 personil TNI.

Postingan yang menghebohkan tersebut, di bubuhi gambar puing Pesawat Herkules, dengan narasi pesawat tersebut membawa 100 anggota prajurit TNI jatuh di wilayah Lalua pada tanggal 09-11-2020  pukul 09:00.

Disebutkan pulang terdapat anggota yang dinyatakan meninggal, dan 4 orang luka parah.

“Kami sudah mengkonfirmasi informasi tersebut ke Polres jajaran dan dari informasi yang kami dapat tidak ada kejadian seperti yang beredar tersebut,” kata Kabid Humas.

Kabid Humas juga mengklarifikasi bahwasanya, gambar yang beredar di media sosial adalah benar pesawat hercules no A-1334 yang jatuh pada tanggal 18 Desember tahun 2016 di Kabupaten Jayawijaya, dan pada saat kejadian tersebut tidak membawa penumpang melainkan membawa 12 kru pesawat dengan pilot an. Kpt Pnb Marlon.

“Jadi postingan tersebut merupakan kejadian yang terjadi pada tahun 2016 lalu,” kata Kamal berharap  pengguna media sosial untuk tidak menyebarkan atau mempercayai informasi sebelum kita konfirmasi kepada pihak pihak yang berwenang. (Redaksi Topik)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here