Pilkada Papua : Hari ini 10 TPS di Dua Kabupaten Gelar PSU

0
Komisioner Bawaslu Papua, Ronald Manoach/ ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Sepuluh TPS yang tersebar di dua kabupaten di Papua hari ini akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU). Masing-masing 1 TPS di kabupaten Membramo raya dan 9 TPS di kabuaten Nabire.

Komisioner Bawaslu Papua, Ronald Manoach kepada redaksi topik, senin siang mengatakan sesuai jadwal pleno KPU di kabuaten Nabire dan Membramo raya, hari ini 14 Desember 2020 barulah akan di laksanakan pemungutan suara ulang.

Baca JugaH+3 Pilkada Papua : 17 TPS di 4 Kabupaten Dipastikan PSU

“ untuk 1 TPS di kabupaten Membramo raya itu kasus nya ada oknum perwakilan LMA yang melakukan pencoblosan suarat suara, bukan para pemilih, sedangkan untuk di Nabire itu kasusnya, ada pemilih yang gunakan haknya lebih dari satu kali dan juga di temukan oknum KPPS yang mencoblos surat suara, “Jelas  Ronald menjelaskan alasan digelarnya PSU.

Ronald juga mengaku bila PSU di satu TPS di kabupaten Keerom dan 1 TPS di kabupaten Waropen juga telah dilaksanakan.

“ Kasusnya mirip ya.., untuk di keerom petugas KPPS kedapatan mencoblos surat suara, sedangkan di Waropen itu kertas suara sisa di coblos oleh para saksi, “Ungkapnya.

Baca JugaBerikut Up Date Masalah Pilkada di Papua Versi Polisi

Sementara itu hingga kini, menurut Ronald masih tersisa dua kabupeten yang belum tuntas proses pencoblosan.

“ Kabupaten Asmat ada 11 TPS yang belum PSU, jadwalnya nanti tanggal 16 Desember 2020, sedangkan untuk kabupetan Boven Digoel akan di gelar Pemilihan Susra Sususlan (PSS) pada tanggal 21 Desember 2020, “Beber Ronald.

Baca JugaIni 7 Fakta Unik di Pilkada Papua Tahun 2020

Berdasarkan data dari Bawaslu Papua, Pilkada serentak tahun 2020 di papua terdapat  23 TPS di 5 Kabupaten yang menggelar PSU dan 1 Kabupaten yang menggelar PSS. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here