Pesan Bupati Wanimbo Saat Peringatan HUT RI ke 75 di Tolikara

0
Bupati Kabupaten Tolikara, Usman Wanimbo

Karubaga, Topikpapua.com – Momentum HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Kabupaten Tolikara berjalan hikmad, meski penyelenggarannya belangaung sederhana, dengan tetap mematuhi protocol kesehatan Covid-19.

Seperti tahun sebelumnya, Bupati Kabupaten Tolikara, Usman Wanimo kembali menjadi Inspektur Upacara, yang berlangsung di Lapangan Merah Putih Karubaga Senin (17/08/20), tepat pukul 09.00 WIT

 “Tahun ini, upacara HUT RI ke-75 dilaksanakan secara sederhana, khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” kata Bupati Usman G.Wanimbo.

Bupati mengaku, HUT RI tahun 2020 tak semeriah tahun-tahun sebelumnya, lantaran adanya wabag Covid-19 yang menimpa seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Akibat dari itupula, beberapa perencanaan kegiatan dalam hal peringatan kemerdekaan RI di Kabupaten Tolikara itu, harus dibatalkan sebagaimana instruksi pusat. “Semua yang sudah kita rencanakan tersebut harus berubah total,” kata Usman

Adapun alasan itu kata Usman lebih terkait dengan wabah yang saat ini melanda Dunia. Dimana terdapaf 215 negara, tanpa terkecuali, sedang menghadapi masa sulit diterpa pandemi Covid-19. 

“Dalam catatan WHO, sampai dengan tanggal,13 Agustus kemarin, terdapat lebih dari 20 juta kasus di dunia, dengan jumlah kematian di dunia sebanyak 737 ribu jiwa,” katanya.

Akibatnya, seluruh Negara – Negara miskin, berkembang, termasuk negara maju, semuanya sedang mengalami kemunduran karena terpapar Covid-19.

“Krisis perekonomian dunia juga terparah dalam sejarah. Di kuartal pertama 2020, pertumbuhan ekonomi negara kita masih plus 2,97%, tapi di kuartal kedua kita minus 5,32%”. Kata Bupati Usman G.Wanimbo.

Terlepas dari itu, Bupati Usman menyambut hangat seruan moral penuh kearifan dari para pemuka agama, dan tokoh-tokoh budaya, yang menjadikan momentum musibah pandemi ini, sebagai sebuah kebangkitan baru untuk melakukan sebuah lompatan besar.

“Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar. Strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan,” kata Usman

Di usia ke 75 Tahun Indonesia Merdeka, lanjut Usman, perlu dilakukan reformasi fundamental dalam cara kita bekerja. Kesiap-siagaan dan kecepatan kita diuji.Ketika krisis kesehatan tersebut berdampak pada perekonomian nasional.

“Kita juga harus cepat bergerak, memberi bantuan sosial bagi masyarakat ,melalui bantuan sembako, bansos tunai dan pemerintah telah lakukan perubahan rumusan program, menyesuaikan program kerja dengan situasi terkini; melakukan realokasi anggaran dalam waktu singkat,” katanya.

Demikian pula, sambung Usman, terkait dengan langkah pemerintah menghambat penyebaran Covid-19, penaganan, dan mencegah kematian juga dilakukan. 

“Atas nama rakyat dan bangsa,Negara, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para dokter dan perawat, serta seluruh petugas di rumah sakit, di laboratorium, di klinik-klinik kesehatan, dan di rumah isolasi, kepada tokoh masyarakat, para relawan, aparat TNI dan Polri, serta para ASN,” katanya.

Dalam hal upaya pemberantasan korupsi, Usman menyebut harus ditingkatkan melalui tata kelola yang sederhana, transparan, dan efisien. 

“Penegakan nilai-nilai demokrasi juga tidak bisa ditawar.  Demokrasi harus tetap berjalan dengan baik, tanpa mengganggu kecepatan kerja dan kepastian hukum,” katanya

Sekedar diketahui, upacara HUT RI ke-75 di Kabupaten Tolikara, hanya di iikuti oleh puluhan peserta dari masing-masing perwakilan, ASN, pelajar, aparat TNI/Polri.

Kapolres Tolikara AKBP Leonard akobiarek hadir mendampingi Bupati Tolikara , dan Wakil Ketua DPRD Tolikara Lenas Gire mewakili Ketua DPRD membacakan teks proklamasi. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here