Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano saat menerima penghargaan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com,- Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, kembali menerima sejumlah penghargaan yang diserahkan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe bertempat di Gedung Negara Jayapura, Papua, Senin (18/10/2021).

Penghargaan yang diterima Wali Kota Jayapura dua periode ini, yakni peraihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 kali berturut-turut atas LKPD Kota Jayapura tahun 2020 oleh Kementerian Keuangan, apresiasi penghargaan TP2DD oleh Kementerian Koordinator Perekonomian RI dan penghargaan TPID kabupaten/kota terbaik 2020 wilayah Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Wali Kota BTM mengatakan, penghargaan TPID terbaik ini merupakan wujud implementasi Kota Jayapura dalam program yang dibesutnya selama ini yaitu Gerakan Pengendalian Papua Satu Harga atau disebut Pace Menuju Kota Jayapura Hebat.

“Hebat itu adalah kita fokus pada empat pilar yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, komunikasi efektif dan beberapa komitmen yang kita tindaklanjuti dalam pengendalian inflasi daerah,” kata Wali Kota BTM.

Ia tak memungkiri bahwa penghargaan TPID terbaik di wilayah Nusa Tenggara, Maluku dan Papua ini juga atas hasil asistensi (pendampingan) dan arahan yang rutin dari Bank Indonesia untuk melakukan kestabilan sembako dan pengendalian harga di wilayah Kota Jayapura.

“Ini yang terus kita lakukan sehingga kita bisa menurunkan angka inflasi daerah Kota Jayapura dan kita dua kali bisa mendapatkan penghargaan karena kita bisa mempertahankannya,” bebernya.

Terkait peraihan WTP 5 kali, menurut Wali Kota BTM, ini merupakan hasil kerja keras semua OPD dan penghargaan ini tentu menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja Pemkot Jayapura dalam pengelolaan keuangan daerah yang tepat dan transparansi.

“Kita bisa 8 kali memperoleh WTP dan 5 kali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI, ini karena kerja keras dari semua OPD dan dukungan dari masyarakat Kota Jayapura juga. Kita selalu melakukan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan Tim Anggaran Pemkot Jayapura. Memang tidak mudah untuk mempertahankan, tapi dengan komitmen yang kuat kita bisa karena ada kerjasama yang intens,” tandas BTM. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here