Osimin Wenda alias Ustel Bin Laden, sebelah kiri saat masih menenteng senjata, sebelah kanan saat diamankan di Mapolres Puncak Jaya / Dok Polda Papua

Mulia, Topikpapua.com, –  Pelarian Osimin Wenda alias Usimin Telenggen alias Ustel Bin Laden alias Kilongginik akhirnya terhenti, setelah tim Gabungan TNI-Polri menangkap nya di Kampung Wandigobak, Kabupaten Puncak Jaya, Kamis 22 juli 2021.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal menjelaskan bila penangkapan dilakukan tim gabungan setelah mendapat informasi dari warga bahwa Osimin Wenda  alias Ustel Bin Laden sedang berada di pasar.

Baca Juga : Pernah Menyerang Jendral Tito Karnavian, Oniara Wonda Akhirnya Ditembak

“Mendapat laporan tim gabungan lalu melakukan penyidikan di pasar Mulia , setelah memastikan bahwa Osimin Wenda  alias Ustel Bin Laden benar berada di pasar, tim lalu membuntutinya hingga di kampung Wandigobak dan melakukan penangkapan, “ Ungkap Kombes Kamal, Jumat (23/07/21).

Kombes Kamal menjelaskan bila Ustel Bin Laden merupakan DPO Polres Puncak Jaya atas beberapa kasus yang pernah dilakukan sejak tahun 2021 bersama kelompok kriminal bersenjata di Puncak Jaya.

Baca Juga : Pemuda Penjual Senpi Bagi KKB Ditangkap di Puncak Jaya

“Jadi Ustel Bin Laden ini terlibat pada kasus penyerangan Polsek Pirime pada bulan November Tahun 2012, dia juga terlibat dalam penembakan mantan Kapolda Papua yang saat itu di jabat Oleh Mendagri Bapak Tito Karnavian pada tahun 2012, “Jelas Kamal.

Menurut Kombes Kamal Ustel Bin Laden pernah ditangkap oleh timsus Polda Papua pada tanggal 15 Juli 2013 dan oleh hakim di vonis seumur hidup pada tahun 2014 lalu di tahan di lapas Abepura.

“ Namun yang bersangkutan ini berhasil kabur dari Lapas Abepura tanggal 8 januari 2016, dan sejak itu di tetapkan sebagai DPO Polres Puncak Jaya, “Ujar Kamal.

Baca Juga : Bupati Puncak Jaya Serahkan Senpi Beserta Amunisi KKB Kepada Negara

Sejak melarikan diri dari lapas abepura Ustel Bin Laden diketahui kembali ke Puncak Jaya dan seringkali melakukan pemalangan terhadap para Supir Truck yang melintas di Jalan baru menuju Philia.

“Paska kabur dia juga terlibat dalam penembakan tukang Ojek atas nama Yanmar di Kampung Popome Kabupaten Lanny Jaya pada Tahun 2018, selanjutnya terlibat Kontak tembak dengan Personil gabungan di Kampung Popome tahun 2018, “Pungkas Kombes Kamal.

Setelah diperiksa di Mapolres Puncak Jaya, Jumat pagi Ustel Bin laden diterbangkan ke Jayapura menuju Polda Papua guna di mintai keterangan. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here