Peresmian dan Pelantikan Pj Gubernur Tiga DOB di Papua Dipercepat Akhir Oktober ini

oleh -29 Dilihat
Wamendagri John Wempi Wetipo/all

Jayapura, Topikpapua.com, – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo (JWW) menyebut Kemendagri sudah mengagendakan peresmian tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua yakni Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan pada akhir Oktober 2022 ini. Peresmian tiga DOB nanti sekaligus pelantikan Penjabat Gubernur di akhir

“Sebelumnya kan peresmian tiga DOB di Papua diagendakan Januari 2023, tapi dipercepat karena tiga DOB ini juga akan mengikuti Pemilu Serentak 2024, bahkan sekarang sedang berlangsung, termasuk pendaftaran para calon,” kata JWW di Jayapura, baru-baru ini.

Mantan Bupati Jayawijaya ini mengaskam, semua DOB sudah siap. Namun Kemendagri akan melihay lagi provinsi yang paling siap untuk dipusatkan peresmian dan pelantikan.

“Ya, apakah di Nabire, Wamena atau Merauke nanti kita lihat karena kita ingin pusatkan di satu titik secara simbolis,”bebernya.

Setelah peresmian DOB Papua dan pelantikan Penjabat Gubernur, sambung JWW, akan disusul pelantikan OPD.

“Supaya proses penyelenggaraan pemerintahan bisa berjalan, jadi lebih optimal,” katanya.

Menurut dia alasan pihaknya hingga kini belum mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perpu) tiga DOB, karena masih menunggu pengesahan Papua Barat Daya

“Papua Barat Daya itu tidak bisa dibuat Perpu secara tersendiri. Makanua kami berharap Papua Barat Daya disahkan sebelum masa reses sidang di tahun 2022 yang akan berakhir tanggal 4 atau 5 Oktober, seperti itu,” aku JWW. (Redaksi Topik)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.