Perenang unggulan Papua di PON XX, Farell Tangkas saat beraksi di kolam akuatik / foto PB PON XX Papua

Jayapura, Topikpapua.com, – Perenang tim Papua, Farrel Armandio Tangkas tampil impresif di hari pertama perlombaan renang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang berlangsung di venue Akuatik, Kompleks Olahraga Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (9/10/21).

Farrel tak hanya berhasil menyumbangkan 1 medali emas dan 1 medali perak untuk Papua, tapi juga mematahkan rekor renang PON nomor 200 meter gaya punggung putra.

Catatan waktu 2 menit 1,94 detik yang ditorehkan oleh Farrel itu mematahkan rekor PON perenang Jawa Barat, Ricky Angga Wijaya yang memegang rekor 200 meter gaya punggung putra di PON XIX Jawa Barat tahun 2016 dengan catatan waktu 2 menit 2,84 detik.

Farrel Tangkas memang khusus direkrut oleh pengurus Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Papua untuk menyumbangkan medali emas di ajang PON XX ini. 

“Kita punya harapan bahwa sebagai tuan rumah ada medali emas yang bisa kita dapat. Khususnya di nomor gaya punggung, kita punya perenang dengan rekor nasional di gaya punggung 200 meter, Farrel Tangkas. Dia akan turun di 6 nomor, dan mudah-mudahan setengah dari itu kita bisa dapat,” kata Sekretaris Umum PRSI Papua, Saharudin Ita.

Farrel diketahui sebagai perenang spesialis nomor 200 meter gaya punggung putra. Di nomor tersebut, Farrel masih memegang rekor nasional yang ia buat di ajang Jakarta Swimming Championship tahun 2019. 

Farrel mencatatkan rekor nasional di nomor 200 meter gaya punggung putra dengan catatan waktu 2 menit 01,16 detik. (Humas PON/Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here