Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin secara langsung apel gelar pasukan pengamanan PON XX Papua/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin secara langsung apel gelar pasukan pengamanan PON XX Papua yang dipusatkan di Lapangan Pemanasan Stadion Utama Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021) sore.

Apel tersebut turut dihadiri Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Safruddin, Asops Kapolri Irjen Polisi Imam Sugianto, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiiri serta pejabat utama dan seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Deraku Cartenz 2021.

Kapolri dalam apel tersebut mengatakan, ia dan Panglima TNI mengambil apel secara langsung guna mengetahui persiapan akhir kegiatan pengamanan PON XX Papua.

Ditegaskan kapolri bahwa pelaksanaan kelancaran seluruh kegiatan PON XX Papua berada dipundak seluruh personel yang bertugas. Artinya, jika penyelenggaraan PON berjalan aman dan sukses maka ini adalah sebuah prestasi, sebaliknya menjadi kegagalan jika terjadi gangguan dalam perhelatan akbar tersebut.

” Kita mempunyai 2 tugas utama dalam pengamanan PON XX Papua agar berjalan baik yakni Tetap melakukan penegakan aturan Prokes sehingga laju pertumbuhan Covid-19 dan kerumunan masyarakat bisa kita kendalikan. Tentunya ketentuan aturan penonton hanya 25% dari kapasitas venue, melakukan vaksin dua kali, pelaksanan cek Prokes Covid-19, penggunaan masker dan pelaksanaan aturan-aturan terkait masalah 3M harus betul-betul dilaksanakan dan ditegakkan. Jika ada masyarakat yang belum divaksin agar dilayani di gerai vaksin venue,” tegasnya.

Kapolri juga menekankan seluruh rangkaian kegiatan pun harus berjalan baik, termasuk seluruh pertandingan juga harus aman. Terkait potensi gangguan kamtibmas, kapolri mengingatkan para personel agar kerap meningkatkan pengawasan dan pengecekan mulai hal-hal kecil sampai dengan potensi yang akan berdampak pada tindakan.

“Silahkan rekan-rekan melakukan langkah-langkah preventif sampai dengan penegakan hukum. Terkait kegiatan yang ada dari KKB tentunya jadi tanggung jawab kita agar kegiatan PON berjalan tanpa ada gangguan,” pungkas kapolri. (Redaksi Topik)

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here