Infografis perkembangan Covid-19 di Papua tanggal 09 Juni 2020/ SC-19P

Jayapura, Topikpapua.com, – Satgas Covid-19 papua kembali mengumumkan perkembangan kasus covid-19 di papua. Hari ini di laporkan ada penambahan 30 kasus pasien positif baru, sehingga total komulatif sebanyak 1.110 kasus.

“Hari ini ada penambahan 30 kasus baru, berasal dari kota Jayapura sebanyak 12 kasus, kabupaten Jayapura 9 kasus, kabupaten Keerom 6 kasus, kabupaten Sarmi 2 kasus dan kabupaten Nabire 1 kasus, “Kata Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule kepada Pers, Selasa (09/06/20) malam.

Dijelaskan Sumule dengan adanya penambahan 30 kasus maka total komulatif pasien positif Covid-19 di papua sebanyak 1.110, dengan rincian 792 pasien saat ini masih dalam perawatan, 303 pasien sudah sembuh dan 14 pasien meninggal.

“jumlah tersebut dari hasil pemeriksaan terhadap 6.390 sampel swab dengan metode PCR, “Ujar Sumule. Selain penambahan kasus pasien positif, Sumule juga melaporkan ada penambahan PDP dan ODP.

“PDP kita hari ini bertambah sebanyak 11 kasus dan ODP kita bertambah 25 kasus, sehinga total PDP kita hingga pukul 19.30 wit sebanyak 786 sedangkan total ODP sebanyak 3.138 kasus, “

Sumule mengatakan saat ini Satgas Covid-19 Papua memberikan perhatian khusus bagi tiga kabupaten, yaitu Sarmi, Mimika dan Keerom.

“Untuk kabupaten Sarmi, setelah mampu bertahan 49 hari tanpa kasus positif baru, hari ini kami harus sampikan ada 2 penambahan pasien positif. Untuk itu perhatian khusus bagi gugus tugas dan tenaga surveilance di Sarmi agar segera melakukan tracing, “Jelas Sumule.

Lanjutnya, Tracing kepada siapa saja dua pasien baru tersebut pernah kontak, sehingga bisa di temukan kasusu sedini mungkin, agar pengobatannya pun bisa seajk dini saat sakitnya masih dalam status ringan.

Sementara untuk kabupaten Mimika dan Keerom, perhatian yang di berikan adalah banyaknya jumlah ODP dan PDP.

 “Untuk Kabupaten Mimika saat ini ada 1.566 ODP, sementara untuk Keerom ada 590 PDP. Kami harap agar segera di lakukan rapid bagi mereka, sehingga bila hasilnya reaktif bisa segera pula di lakukan tindakan selanjutnya sesuai dengan protokol penanganan covid-19, “Beber Sumule.

Sumule juga melaporkan bila hari ini ada penambahan 3 kasus sembuh yang berasal dari kabupaten Keerom 1 orang dan kota jayapura 2 orang.

“Kami berikan apresiasi kepada rumah sakit Kwingga dan rumah sakit Provita yang telah bekerja keras sehingga ada tiga pasien positif yang sembuh di hari ini, Kiranya Tuhan yang maha Esa membalas semua letih lelah kalian, “Tukas Sumule.

Tetap di rumah, jika terpaksa keluar rumah selalu gunakan masker,Jaga jarak,  jaga kebersihan lingkungan dan diri, makan dan minum yang bergizi, olah raga dan ingat untuk selalu cuci tangan. Sa jaga ko, Ko jaga sa, kitong semua selamat. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here