Sekretaris Umum KONI Papua Kenius Kogoya/foto ist

Jayapura, Topikpapua.com,- Sekretaris Umum KONI Papua Kenius Kogoya mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua telah menyelesaikan penghitungan jumlah bonus bagi para atlet yang meraih prestasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI 2021 Papua.

Penyerahan bonus tersebut akan dilakukan di Istora Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura Sabtu 20 November 2021.

“Bonusnya cukup besar dan itu yang tertinggi di seluruh provinsi di Indonesia ikuti PON XX. Anggaran yang dibutuhkan untuk bonus Rp 457,624 miliar,” ungkap Kenius di Jumat (19/11/2021).

Sebelum PON, menurut Kenius, Gubernur Papua Lukas Enembe menjanjikan bonus Rp 1 miliar bagi atlet peraih emas di nomor individu, sedangkan di beregu nilainya Rp 650 juta per atlet.

Lanjut Kenius, bagi peraih medali perak perorangan, Gubernur Lukas menjanjikan bonus Rp 500 juta dan bagi peraih medali perak beregu Rp 325 juta per atlet.

“Bagi peraih medali perunggu perorangan, bonus yang dijanjikan adalah Rp 250 juta, sedangkan untuk beregu nilainya Rp 162,5 juta per atlet,” beber Kenius.

Lebih jelas kata Kenius, gubernur memastikan atlet Papua yang tidak meraih medali juga bakal diberikan bonus senilai Rp 10 juta per atlet.
Dan bonus sebesar itu layak dikeluarkan mengingat Papua sebagai tuan rumah berhasil meraih prestasi terbaik selama keikutsertaannya di event olahraga empat tahunan tersebut.

“Pada PON XX Papua yang finis di posisi keempat berhasil meraih 93 emas, 66 perak dan 102 perunggu.
Gubernur pun berharap bonus ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan atlet dan keluarganya,” kata Kenius.

Ia jugas memastikan pajak hadiah yang harus dibayar oleh penerima bonus akan ditanggung oleh Pemprov Papua. Nilai total besaran pajak untuk bonus atlet diperkirakan hampir mencapai Rp 100 miliar.

“Atlet tidak menanggung pajak, pajaknya ditanggung pemerintah karena junlahnya cukup besar, bisa mencapai 30 persen bagi peraih bonus di atas Rp500 juta. Jumlah pajak yang ditanggung hampir mencapai Rp 100 miliar. Pemberian bonus akan dilakukan dalam satu tahap melalui rekening masing-masing atlet,” tandas Kenius. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here