Pemkab Jayapura Terbitkan Perbup Wajib Masker, Bupati : Ada Sanksi Tegas

0

Sentani, Topikpapua.com – Pemkab Jayapura secara resmi mengeluarkan Peraturan Bupati  (Perbup) tentang Kewajiban Penggunaan Masker saat masyarakat beraktifitas di luar rumah.

Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si mengatakan Perbut tersebut akan segera diberlakukan, setelah pihaknya melakukan sosialiasi kepada masyarakat.

“Saya sudah keluarkan surat atau peraturan Bupati beberapa hari lalu, “kata Mathius Awaitauw beberapa waktu lalu.

Mathius menyebut pemberlakuan Perbut tersebut, akan diikuti dengan sanksi. Hanya saja, Bupati belum menyampaikannya.

“Nanti ada sanksi yang akan kita berlakukan. Jadi kita lebih tegas lagi untuk meningkatkan upaya kesadaran masyarakat sehubungan dengan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 ini,” tegasnya.

Sekedar diketahui, Perbup pemberlakuan wajib Masker diperuntukkan untuk masyarakat dan yang melakukan aktivitas di luar rumah. Dalam Perbup itu juga, ditekankan soal pendisiplinan terhadap masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dan pelaku usaha wajib memasang tanda atau peringatan kewajiban untuk menggunakan masker.

Selain itu Perbup juga mengatur kewajiban pekerja untuk menggunakan masker, dengan menyesuaikan kondisi di lingkungan usaha atau tempat bekerja masing-masing.

“Jika tidak menggunakan masker, maka wajib memberikan teguran kepada pengunjung. Kami harapkan aturan itu sebagai bentuk efek jera kepada masyarakat, agar mereka taat menerapkan protokol kesehatan yang sudah kami berlakukan di daerah ini,” kata Bupati. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here