Kapolres Jayapura, Akbp. Victor Dean Makbon / istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Sebanyak 400 Personil gabungan TNI-Polri dan Ormas disiapkan untuk ikut mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Jayapura.

Kapolres Jayapura, Akbp. Victor Dean Makbon mengaku bila jumlah tersebut masih dalam tahap perencanaan, diakui Kapolres jumlah tersebut bisa bertambah atau berkurang tergantung tingkat kerawanan jelang pemilu mendatang.

“Tapi, nanti kita lihat lagi dengan bobot ancaman berdasarkan situasi dan kondisi di lapangan yang sampai saat ini masih kita assesment dengan adanya masukan-masukan dari seluruh pihak,” katanya 

Diungkapkan Kapolres, dalam pelaksanaan pengamanan Pilpres dan Pileg 2019, pihaknya juga akan melibatkan komunitas komunikasi radio seperti Orari dan Rapi yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Keterlibatan komunitas ini sangat perlu. Supaya bagaimana nanti informasi yang ada di distrik bahkan yang terjauh sekalipun bisa sesegera mungkin diinformasikan ke tingkat kabupaten, agar kita bisa langsung mengambil langkah-langkah terkait dengan pengamanan di tingkat distrik dan kita bisa langsung juga membuat solusi untuk kendala-kendala yang terjadi,” papar Kapolres.

Ditanyai wartawan soal daerah-daerah yang sangat rawan terjadi kecurangan dan konflik, Kapolres Victor menuturkan bahwa daerah yang terbilang rawan itu berada di daerah pemilihan (Dapil) I meliputi Distrik Sentani Kota, Kabupaten Jayapura.

“Selain di Dapil I, Dapil IV juga terbilang rawan karena daerahnya sangat jauh. Kalau di Dapil IV ini karena jaraknya terlalu jauh. Tapi, kalau di Sentani ini TPS nya banyak,” bebernya.

Dicecar lagi apakah personil yang akan melakukan pengamanan ini akan di fokuskan di daerah yang terbilang rawan, Kapolres Victor mengatakan bahwa semua itu ada komposisinya untuk melakukan pengamanan.

“Tentunya ada strategi kita untuk melakukan pengamanan terutama dalam rangka mengatisipasi bila ada ancaman, gangguan, hambatan dan rintangan kami TNI-Polri akan segera merespon permasalahan ini” pungkasnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here