Pasca Konflik, Petinggi TNI-Polri di Papua Terbang ke Mambra

0
Danrem 172/PWY, Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar dan petinggi TNI-Polri di Papua saat naik Helicopter menuju kabupaten Membramo Raya/ ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Komandan Resor Militer 172/PWY, Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar bersama beberapa petinggi dari TNI-Polri di Papua, Minggu siang berangkat ke Membramo Raya untuk melihat secara langsung kondisi TKP pasca kejadian perselisihan anggota TNI-Polri disana.

 “Hari ini saya bersama, Danpomdam, Dirintelkam, dan Kabidpropam Polda beserta tim akan cek langsung ke lapangan, apa sebenarnya kejadian yang terjadi, sehingga menyebabkan pertikaian tersebut, dan tentunya akan menindak tegas sesuai hukum, jika personel terbukti bersalah” ujar Kolonel Binsar.

Danrem mengaku pasca kejadian, dirinya sudah memerintahkan semua anggota TNI di Membramo Raya untuk stanbay di pos masing-masing, “Saya perintahkan untuk seluruh anggota tetap di pos stanby tidak boleh kemana-mana” tambahnya.

Hal serupa juga di lakukan Pihak Polda Papua, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Achmad Mustofa Kamal lewat Rilisnya juga mengatakan telah memerintahkan semua anggota Polri di Membramo Raya agar tetap di pos masing-masing.

“ Perintah Kapolda begitu ya.., semua tenang dan tetap di pos masing-masing, tunggu hingga tim dari Jayapura datang, “Kata Kamal.

Sebelumnya di laporkan terjadi bentrok antara oknum anggota Satgas Pamrahwan Yonif 755/20/3-Kostrad dengan anggota Polres Mamberamo Raya.

“Telah terjadi kesalahpahaman antara oknum anggota Satgas Pamrahwan Yonif 755/20/3-Kostrad dengan anggota Polres Mamberamo Raya. Akibat kesalahpahaman tersebut 3 orang anggota Polri meninggal dunia, Yaitu  Briptu Marcelino Rumaikewi, Briptu Alexander Ndun dan Bripda Yosias, “Jelas Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Achmad Mustofa Kamal.

Atas kejadian tersebut di laporkan juga dua anggota Polri lainnya terluka, “Lima anggota Polri saat ini telah berada di RS Kawera Kasonaweja untuk mendapatkan perawatan medis secara intensif,”Kata Kamal.

Berikut Identitas Korban:

  1. Briptu Marcelino Rumaikewi NRP 94030885 anggota Sat Reskrim Polres Mamberamo Raya, mengalami luka tembak pada leher bagian kanan sebanyak 1 kali (Meninggal Dunia)
  2. Bripda Yosias Dibangga NRP 99040613 anggota Sat Sabhara Polres Mamberamo Raya, mengalami luka tembak pada bagian leher kiri 1 kali (Meningga Dunia).
  3. Briptu Alexander Ndun anggota Reskrim Polres Mamberamo Raya, mengalami luka tembak pada paha kiri (meninggal dunia).
  4. Bripka Alva Titaley anggota Reskrim Polsek Mamteng, mengalami luka tembak pada paha kiri sebanyak 1 kali. (dalam perawatan)
  5. Brigpol Robert Marien anggota SPKT mengalami luka tembak pada punggung belakang sebanyak 3 kali. (dalam perawatan)

Pasca Kejadian, di laporkan situasi di Mambramo raya relatif kondusif, namun warga masih takut keluar rumah. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here