Penyerahan piagam selam laut/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Personel gabungan TNI dan Polri serta satuan samping mengamankan jalannya pertandingan final renang perairan terbuka selam laut PON XX Papua di Teluk Yos Sudarso, Kota Jayapura, Papua, Senin (11/10/2021)

Dalam final tersebut, satu atlet putri Papua kembali menyumbang satu medali emas.

Dimana selam laut PON Papua 2021 mempertandingkan nomor finswimming putra dan putri. Final finswimming putra dimainkan dengan jarak 3000 meter dan final finswimming putri 6000 meter.

Dalam pertandingan final ini, atlet putra Jawa Barat, Athalarik Maulidio berhasil menjadi yang tercepat di kategori putra dengan berhasil menorehkan catatan waktu 33 menit 34 detik. Sedangan atlet Papua, Annisa Fabiola menjadi yang terdepan di nomor 6000 meter finswimming dengan koleksi waktu 1 jam 19 menit 12 detik.

Setelah final hari ini, cabor selam laut masih akan mempertandingkan dua nomor lainnya yakni 3000 meter putri dan 6000 meter putra. Dua nomor pertandingan itu dijadwalkan akan dilaksanakan pada Selasa 12 Oktober 2021.

Kapolsek KPL Jayapura, Iptu Rischart H. L. Rumboy selaku Kapam Objek Cabang Olahraga Selam Laut mengatakan, pengamanan final selam laut melibatkan personel Brimob 10 orang, Polresta 6 personel, Polda 7 Personel, TNI 8 Personel, Satpol PP 2 personel, BPBD 3 personel dan perwira pengawas 1 personel.

“Total keseluruhan personel yang melakukan pengamanan pada final cabor selam laut adalah 37 Personel.
Untuk pengamanan sendiri, kami menempatkan anggota di titik-titik pengamanan yaitu di pintu masuk dan keluar, di bagian timur venue, sekretariat, pemeriksaan dobing, dan parkiran dalam Kantor Gubernur Papua,” kata Rischart.

Selain melakukan pengamanan, pihaknya juga menghimbau para penonton untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

” Kami juga telah memasang spanduk mentaati protokol kesehatan saat nonton PON XX. Dimana hal ini merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran klaster baru seusai perhelatan PON,”tegasnya.

Salah seorang penonton, Ibu Falen Waimbo, mengungkapkan rasa bahagiannya bisa menyaksikan langsung pertandingan final selam laut.

“Yang membanggakan adalah ketika para atlet Papua kembali menyumbang medali emas di final selam laut. Karena Papua Juara satu, saya sangat senang dan sangat bangga, semoga kedepan atlet-atlet Papua dapat lebih meningkatkan prestasinya di ajang-ajang olahraga bergengsi lainnya sehingga membuat bangga Provinsi Papua,” tuturnya. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here