Pandemi C-19, BTM Berharap Provinsi Lebih ‘Care’

0
Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano (BTM) mengatakan pihaknya mulai kewalahan menghadapi masalah Pandemi C-19, Pasalnya menurut BTM hingga saat ini terkesan Provinsi Papua kurang peduli terhadap wabah Corona yang saat ini menimpa Ibu Kota Provinsi, Kota Jayapura.

“ini musibah.., Masa kota mau tangani sendiri.., harus Provinsi bantu karena ini wabah, Provinsi harus ada pembagian mana yang ditangani kota, mana yang di tangani Provinsi, tidak bisa kami tangani semua sendiri, “Ungkap BTM kepada Redaksi Topik, Jumat (10/04/20).

Dicontohkan BTM, sejak pandemi corona menyerang kota Jayapura, pihaknya hanya menerima sekitar 300 Rapid Test dan 200 Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis, sedangkan jumlah ODP dan PDP serta OTG di Kota Jayapura sangat banyak.

“Saya mau katakan kami di kota baru mau pesan 1.250 Rapit tes, karena bantuan Provinsi ke kota hanya 300 saja. Kami juga ada pesan APD sebanyak 693 buah, Provinsi hanya kasih kita APD 200 saja, Kita juga lagi pesan Masker dan hand sanitizer, “Kata BTM.

Selain itu, Menurut BTM Pihaknya juga harus memikirkan masalah keselamatan dan kesejahteraan para tenaga medis yang berada di Rumah sakit di Kota Jayapura.

“Sekarang ini tenaga kesehatan di rumah sakit Dian Haranpan , Rumah sakit Abepura, Bhayangkara, angkatan laut dan yang lainnya minta bama APD ke kota.., belum lagi kita harus memikirkan kebutuhan Tim Gugus, Pokja, Tambah lagi masalah pemakaman  dan yang lainnya, jujur kami kewalahan, “Beber BTM.

Lanjutnya, di Kota Jayapura ada 13 Puskesmas, ratusan tenaga medis yang harus di perhatikan, untuk itu pihaknya berencana akan menyiapkan Hotel Khusus untuk para tenaga Medis yang menangangani covid-19 di kota Jayapura

“ Ada 13 puskemas di Kota Jayapura, nasib para dokter dan paramedis, saya sudah perintahkan para dokter untuk hitung insentif para Medis untuk kita bantu,  saya juga akan siapkan penginapan untuk para doktet di berapa hotel sudah kita jajaki, ada hotel Meta Star dan hot sahid, “Terang BTM.

Untuk itu BTM berharap pihak Provinsi Papua bisa lebih serius lagi membantu kota Jayapura, sebagai ibu kota Provinsi, “ Teman teman kalau ada akses ke Provinsi tolong sampaikan bantu kita di kota, “Pintah BTM.

Dibeberkan BTM akibat Pandemi Covid-19 di Kota Jayapura berdampak pada banyak hal, diantaranya Ekonomi, sosial budaya bahkan merambat kedunia Pendidikan dan pemerintahan.

“ Masyarakat saya susah karena wabah ini, kami Pemkot harus putar otak untuk urus semuanya, Tiga hal penting yang kami fokuskan, Kesehatan, Mmenolong masyarakat, Membantu dunia usaha, ini alasan mengapa kita harus segera lakukan perubahan APBD,” Terang BTM.

Rencananya Pemkot Jayapura akan segera merivisi ulang APBD untuk bisa menambah dana guna pencegahan Pandemi covid-19 di Kota Jayapura.

“Harus saya lakukan refocusing anggaran alokasi anggaran, dan percepatan penggunaan anggaran, realokasi anggaran utk penanganan kesehatan, penanganan dampak ekokomi dan  jaring pengamanan social, “Tukas BTM.

BTM juga mengaku bila saat ini pihaknya sudah meminta bantuan ke pemerintah Pusat, “Saya sudah usulkan ke Mendagri dan Kepala Badan Bencana Pusat, kami minta bantuan dana dan barang langsung ke kota saja supaya jelas, “ Katanya.

“Saya jujur saja bukan untuk saling menjatuhkan dan cari nama karena prinsip kerja saya untuk menolong orang karena rasa kemanusian, demi kemanusian, hak azazi manusia. Selamat hari raya jumat Agung bagi yang merayakannya, Kiranya Tuhan Yesus Memberkati Kita Semua, “Pungkas Walikota Jayapura. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here