Palang Jalan Menuju Pasar Phara Sentani Akhirnya Dibuka

0
Perwakilan Hak Ulayat, TNI dan Polri bersama Pemkab Kabupaten Jayapura yang diwakili Kepala Dinas Perhubungan, Alfons Awoitauw bersama-sama mengangkat kayu palang/Irf
Sentani, Topikpapua.com, – Palang jalan menuju Pasar Phara Sentani akhirnya dibuka, Kamis (17/09/20).
Pembukaan palang jalan itu, setelah unsur Forkompimda Kabupaten Jayapura, melakukan komunikasi dengan konsekwensi penyelesaikan hak-hak masyarakat adat.
“Kita sudah lakukan pertemuan dengan pihak masyarakat adat, jadi hari ini kita sepakat palang dibuka, dan untuk selanjutnya pemerintah akan menuntaskan kesepakatan yang dianggap belum selesai dan akan diselesaikan di bagian pertanahan,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Jayapura Alfons Awoitauw, Kamis.
Terkait dengan alasan pemalangan jalan tersebut, menurut Alfons, masyarakat adat menuntut adanya kesepakatan tertulis dengan pemerintah daerah.
Sementara, masyarakat adat meminta Pemkab Jayapura untuk menyelesaikan hak-hak adat. Jikapun dalam pertemuan dengan pemerintah tidak mendapat kesepakatan, maka tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pemalangan lagi di tiga ruas jalan masuk maupun keluar menuju Pasar Pharaa tersebut.
“Kami punya tuntutan satu saja, jalan ini harus diselesaikan, ya harus bayar. Kalau tidak kami akan palang kalau belum ada kesepakatan yang jelas,” ungkapnya.
Usai palang di buka, Pemkab Jayapura yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Jayapura Dra. Hanna S. Hikoyabi dan juga dihadiri perwakilan anggota DPRD Kabupaten Jayapura langsung melakukan pertemuan dengan perwakilan masyarakat adat di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here