Nau Waker, Sosok yang Dianggap Bertanggung Jawab Atas Pembantaian Pekerja PT. PTT di Beoga  

oleh
Lokasi kejadian penembakan di Tower B3 Beoga, Ilaga, Puncak/foto ist

Puncak, Topikpapua.com, – Direskrimum Polda Papua, Kombes Polisi Faizal Ramadhani mengatakan, delapan pekerja PT. Palapa Timur Telematika (PTT) menjadi korban kekejaman Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ketika tengah berada di tower B3 yang terletak di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (2/3/2022) dini hari.

Faizal menyebut, para pelaku adalah KKB yang berasal dari Kabupaten Intan Jaya. Diketahui bahwa Distrik Beoga merupakan kawasan perbatasan antara Kabupaten Puncak dengan Intan Jaya.

“Itu kelompoknya Nau Waker, sepertinya dari Intan Jaya,”katanya, Jumat (4/3/2022).

Sementara itu Kapolsek Beoga, Ipda Ali Akbar, mengungkapkan bahwa sosok Nau Waker adalah KKB yang sebelumnya beroperasi di kawasan Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Ketika aparat keamanan sudah berhasil menguasai Tembagapura, lanjut Ali, kelompok tersebut akhirnya bergeser ke Intan Jaya.

“Karena Nau Waker sendiri berasal dari Distrik Ugimba, Kabupaten Intan Jaya. Tapi Nau Waker pergi ke Sugapa dan membentuk kelompok baru dan mendirikan Kodap IX di sana,”tandasnya.

Sebelumnya Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga menyampaikan sebanyak delapan pekerja PT PTT tewas ditembak KKB di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (2/3/2022) lalu.

Para korban itu tewas ketika sedang memperbaiki Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel yang lokasinya berada di atas ketinggian 3000 mdpl dan belum terdapat akses jalan darat.

“Akibat dari penyerangan tersebut, 8 orang karyawan PTT meninggal dunia, hal tersebut terlihat melalui rekaman CCTV Tower PTT bahwa salah seorang Karyawan PTT yang selamat bernama NS dan meminta bantuan penyelamatan di Tower BTS 3,” ujar kapendam.

Tak hanya menembaki 8 orang karyawan PT PTT hingga meninggal dunia. Kelompok pengacau itu juga menyerang anggota Kopasgat yang sedang berada di Pos Jaga Runway 25 Satgas Lanud Kopasgat Paskhas Yonko 469/Pancawara di Ujung Bandara Aminggaru Ilaga, Kamis (3/3/2022).

Usai menyerang Pos Kopasgat di bandara, KST kembali menyerang personel TNI yang sedang bertugas di Pos Koramil Dambet Satgas Kodim Yonif R 408/SBH di Kampung Dambet, Distrik Beoga.

Akibat penyerangan itu, Pratu Herianto mengalami luka tembakan di bagian leher tepatnya di bawah telinga dan kini korban sudah dieveakuasi ke Timika untuk perawatan medis lebih lanjut. (Redaksi Topik)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.