Naomi Demotekay didepan mini bus yang ia kemudikan. (Foto : ist)

Jayapura, Topikpapua.com, – Naomi Demotekay, Perempuan asli Papua dari suku Genyem Kabupaten Jayapura, ingin membuktikan bahwa Perempuan Papua punya kemampuan dan keterampilan yang luar biasa serta dapat diandalkan. 

Naomi menunjukkan kemampuannya dalam mengendarai kendaraan roda empat dan menjadi satu-satunya supir microbus Wanita di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, dan kini ditugaskan di pool Nendali, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

“Motivasi terbesar saya adalah ingin menunjukkan kepada dunia luar bahwa perempuan Papua bisa seperti perempuan lain di luar sana,” katanya di Jayapura, Sabtu (25/09/2021)

Bagi Naomi, dirinya juga bangga menjadi satu-satunya supir perempuan Papua di antara banyaknya supir laki-laki yang dilibatkan dalam PON. Alasan lain memilih menjadi supir minibus karena ingin secara langsung berinteraksi dengan atlet dan ofisial dari 33 provinsi di Indonesia.

Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Cenderawasih tersebut berharap, dengan langsung berinteraksi dengan para tamu PON XX yakni atlet dan official serta menunjukkan jati diri orang Papua yang sebenarnya.

“Saya percaya, atlet dan ofisial yang ditemuinya akan menjadi lidah penyambung untuk menceritakan keindahan Papua dan keramahan masyarakatnya. Keberadaan saya didekat mereka dengan menjadi sopir bus PON XX, tentu para tamu atlet dan ofisial ini dapat mengetahui bahwa kondisi di Papua tidak seperti yang digambarkan selama ini,” pungkas Naomi. (Humas PB PON XX Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here